Malas Kerja Setelah Libur Lebaran? Yuk, Ikuti Tips Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Malas Kerja Setelah Libur Lebaran? Yuk, Ikuti Tips Berikut!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak senang dengan libur panjang lebaran?. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menjadwalkan liburan bagi karyawannya seminggu sebelum lebaran sampai seminggu setelah lebaran. Namun, tidak bisa dipungkiri, semakin panjang liburan yang dinikmati, maka semakin sulit Anda menghadapi hari pertama masuk kerja.

Akibat mood liburan yang enggan pergi, ritme kerja di kantor pun terbengkalai. Akan tetapi, Anda harus melawan perasaan malas tersebut agar dapat bekerja seperti seharusnya.

Berikut tujuh cara melawan rasa malas di hari pertama masuk kerja, sehingga Anda justru kembali semangat saat bekerja:

Bekerja dengan Santai
Beberapa hari pertama setelah masuk kantor, pasti masih terasa aura liburan. Anda mengalami masa transisi atau peralihan dari liburan untuk kembali bekerja. Hari pertama, mungkin Anda terburu-buru ingin menyelesaikan tugas di kantor, lalu pulang dan istirahat.

“Salah satu alasan mengapa Anda merasa malas saat hari pertama bekerja adalah karena Anda langsung buru-buru bekerja full time, sehingga aktivitasnya jadi membosankan dan tidak dinikmati,” ungkap seorang psikolog, dr Meredith Fuller.

Di hari pertama masuk kerja, usahakan untuk bersikap tenang dan santai saat mengerjakan pekerjaan. Pastikan rekan dan klien tidak membombardir Anda dengan tugas-tugas. Jangan lupa berikan diri Anda waktu beristirahat di sela-sela bekerja, misalnya dengan berjalan-jalan ke meja teman, atau sekadar ngopi di pantry.

Berpikiran Positif
Di hari terakhir liburan, biasanya banyak orang mengeluhkan rasa malas untuk pergi ke kantor. Hal ini bisa terjadi karena Anda hanya melihat sisi negatif yang akan Anda hadapi, misalnya tumpukan pekerjaan yang belum terselesaikan, menghadapi klien yang rewel, atau bos pemarah.

Daripada memikirkan hal ini, pikirkan sisi positifnya. Jangan memikirkan pekerjaan sebagai beban, tapi jadikan pekerjaan Anda sebagai kesempatan yang baik untuk meningkatkan kemampuan diri. Ada baiknya memakai pakaian yang berwarna cerah, atau bawalah foto liburan favorit Anda di meja atau jadikan wallpaper di komputer Anda.

Menyapa Rekan Kerja
Sisi posistif dari kembali bekerja setelah liburan panjang adalah bisa kembali bertemu dengan teman-teman Anda. Sesampainya di kantor, sempatkan diri untuk ngobrol dan menyapa rekan kerja. Jika memungkinkan, berbagi cerita liburan, atau sekadar mengucapkan selamat hari raya. Makan siang juga bisa jadi ajang kumpul dan berbagi cerita seru dengan rekan kerja.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.