Mau Buat Cat Aman ‘Finger Painting’ Untuk Si Kecil? Yuk Ikuti Langkah Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Buat Cat Aman 'Finger Painting' Untuk Si Kecil? Yuk Ikuti Langkah Ini!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bermain coret-coret sangat digemari -anak apalagi jika menggunakan jari-jari mereka. Beraneka kreasi coretan indah bisa dibuat dari lukisan dengan jari ini (finger painting). Dan untuk lebih amannya cat untuk finger painting ini bisa dibuat sendiri dirumah loeh!

Bagaimana Anda tertarik untuk membuat? Inilah bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah pembuatannya.

Bahan-bahan:
Panci/wajan untuk memasak
1/2 cup tepung maizena
3 sdm gula
1/2 sdt garam
2 cup air dingin
Pewarna makanan
Glitter (opsional)
Spatula atau peralatan sejenis untuk mengaduk
Tempat penyimpanan kecil, seperti cup es krim dengan tutupnya

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan bersama di dalam wajan atau panci antilengket berukuran sedang lalu Masak di atas api kecil selama 10-15 menit. Awasi terus dan cegah jangan sampai hangus.

2. Terus aduk adonan calon cat jari anda hingga lembut dan mengental. Mungkin awalnya adonan tidak akan kental, tapi bersabarlah. Cat akan mulai mengental di saat-saat terakhir. Jangan tambah lagi bahan lain bila sudah masuk tahap ini. Bila sudah sepenuhnya mengental, angkat wajan dari kompor dan biarkan adonan mendingin.

3. Tempatkan calon cat ke wadah-wadah kecil yang sudah Anda siapkan. Jumlah wadah bergantung pada berapa banyak warna yang Anda inginkan. Bila Anda tak punya banyak wadah kecil, Anda bisa tempatkan dalam satu tempat besar, lalu masukkan dalam cetakan es batu, dan warnai, sesaat sebelum digunakan.

4. Beri beberapa tetes pewarna makanan. Anda bisa membeli pewarna makanan untuk rainbow cake. Bila menggunakan cetakan es batu, cukup satu tetes di tiap kotak. Cobalah mencampur warna. Contoh, biru dan ungu bisa menghasilkan warna ungu. Aduk warna ke adonan cat untuk memastikan tingkat kekuatan warna.

5. Beri glitter bila diinginkan lalu aduk hingga rata. Khusus penambahan glitter hanya bisa dilakukan bila Anda memastikan anak-anak yang terlibat dalam aktivitas ini memiliki pemahaman tidak memakan cat karena berbahaya. Bila tidak, sebaiknya jangan beri glitter.

6. Tutup dan simpanlah untuk proyek-proyek menyenangkan. (republika.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.