Mau Cegah Ngemil dan Makan Berlebihan Saat Malam Hari? Lakukan Hal Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Cegah Ngemil dan Makan Berlebihan Saat Malam Hari? Lakukan Hal Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Makan di malam hari sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, asalkan makanan yang dikonsumsi sehat dan juga rendah kalori.

Namun yang menjadi masalah adalah sering kali makanan yang disantap itu mengandung gula, lemak dan juga kalori tinggi. Jika berlangsung secara terus menerus, bukan tidak mungkin tubuh akan menjadi kegemukan dan bermacam penyakit pun mudah mendekat.

Ladies, ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya keinginan makan di malam hari. Berikut tipsnya seperti yang dikatakan oleh para pakar .

Sarapan berprotein tinggi
Sarapan dengan makanan yang berprotein tinggi serta sehat akan menjaga hasrat makanmu tetap terkontrol. Protein membutuhkan waktu lama untuk diproses tubuh, sehingga perut juga akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan ngemil ataupun makan junk food jadi berkurang. Sementara itu, berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition, sarapan sehat akan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan bergula.

Makan lebih banyak di siang hari
Jika ingin mengurangi kalori ataupun porsi makan, jangan lakukan di pagi atau di siang hari. Justru kamu perlu mengasup lebih banyak makanan saat masih beraktivitas supaya kalori dari makanan bisa digunakan tubuh sebagai energi. Cukup makan di siang hari akan mengurangi hasrat makanmu di malam hari.

Santap camilan yang lama dimakan
Jika keinginan ngemil di malam hari sudah tidak tertahankan, pilihlah camilan yang butuh waktu lama dan usaha untuk dimakan. Cookies, keripik ataupun es krim tentu tidak termasuk ya ladies.

Camilan sehat
Ladies, kamu bisa makan camilan sehat dengan rasa yang tetap enak jika rasa lapar datang menghampiri di malam hari. Nutritionist Chelsea Fuchs, R.D. menyarankan untuk mengkonsumsi pisang beku yang dicelupkan ke dalam lelehan dark chocolate. Selain enak, pisang mengandung potassium serta magnesium yang bisa membantu membuat otot-otot relaks. Sedangkan kandungan karbohidratnya mampu membuatmu lebih cepat tertidur.

Tidur lebih awal
Salah satu cara efektif untuk mencegah ngemil tidak sehat di malam hari adalah dengan cara tidur lebih awal. Lakukan aktivitas seperti membaca buku, mewarnai, merajut ataupun hal lain yang membuatmu merasa nyaman. Dengan berada di tempat yang jauh dari dapur, kamu bisa mengurangi kemungkinan ngemil atau makan di malam hari.

Nah ladies, itu tadi cara mencegah ngemil terlalu banyak di malam hari. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan selamat berjuang untuk nggak ngemil di malam hari yach. (rancahpost.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.