Mau Liburan Lebaran Si Kecil Seru? Coba Aktivitas Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Liburan Lebaran Si Kecil Seru? Coba Aktivitas Ini!

PortalMadura.Com – Memperingati hari raya Idul Fitri 1437 H yuk mams ajak si kecil membuat menarik seputar hari raya untuk melatih kreativitas dan kemandirian .

Nah, aktivitas apa saja sih yang bisa si kecil lakukan di rumah untuk mengisi liburan ? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Membuat Kartu Lebaran
Zaman sekarang mengucapkan selamat Hari Lebaran sudah jauh lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi. Tapi tidak ada salahnya mengenalkan anak pada kegiatan surat menyurat, kan.

Selain menjadi ajang yang bagus untuk melatih motorik kasarnya, membuat kartu lebaran sendiri juga mengasah kreativitas si kecil. Dan, bagi pihak yang menerima kartu tentu akan merasakan sentuhan yang lebih personal. Cukup sedia kertas karton, pinsil warna atau cat air, serta lem, kok.

Membuat Kue Lebaran
Lebaran identik dengan kue. Nah, kenapa tidak mengajak si kecil memasak kue kering untuk disajikan kepada para tamu atau dibawa pulang mudik? Dari awal libatkan si kecil untuk memilih jenis kue yang akan dibuat.

Jelaskan juga tingkat kesulitan dari masing-masing kue dan kemungkinan jika kue tidak seindah seperti yang ada di foto-foto, hehehe. Ajak ia belanja bahan-bahan yang akan digunakan hingga proses memasaknya. Tentu saja sesuaikan dengan tingkat usia anak.

Dari sini si kecil bisa belajar banyak hal, lho! Mulai dari melatih kemampuan membaca saat membaca resep, berhitung ketika menakar adonan hingga mengajaknya untuk telaten menunggu kue matang sempurna di dalam oven. Yang penting, standar dan ekspektasi kita sebagai orangtua harus disesuaikan dengan kualitas Junior Chef yang kita punya di rumah ya. Dan, tingkat kesabaran juga harus berlipat ganda.

Bersih-bersih Rumah
Jika ternyata kita tidak mudik, maka kita bisa mengajak si kecil untuk membersihkan rumah. Informasikan bahwa di hari Lebaran ada kemungkinan tetangga atau saudara akan berkunjung ke rumah kita, maka rumah pun perlu dibersihkan dan dibuat indah.

Berikan pilihan pada si kecil untuk melakukan tugas A atau B, misal mengelap perabotan atau mengatur ulang posisi bantal. Jika memang ada bujet lebih, ajak si kecil membeli produk interior baru, dia pasti akan senang memilih-milihnya. Dari sini, maka anak akan belajar bekerja sama dan terbiasa hidup bersih.

Selamat mencoba ya mams….!(mommiesdaily.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.