Mau Luka Anda Tak Berbekas di Kulit? Ini 5 Cara Rawatnya

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Luka Anda Tak Berbekas di Kulit? Ini 5 Cara Rawatnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan yaitu di kulit. Dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari, luka merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, jika luka tidak dirawat dengan benar maka bisa menimbulkan bekas di kulit.

Oleh karena itu, bagi sebagian orang selalu berupaya untuk menghilangkan bekas luka di kulit dengan melakukan berbagai hal. Nah, ini lima cara efektif merawat luka agar tidak menimbulkan bekas, berikut ulasannya:

Jaga Luka Tetap Lembap
Aplikasikan petroleum jelly pada luka kemudian tutupi dengan plester atau kain kasa. Ini akan mempercepat sembuhnya luka dan meminimalisasi bekas lukas.

Pijat Luka
Memijat luka setiap hari dengan vitamin E dapat mengurangi risikonya membekas. Namun, hati-hati dalam memijat agar kulit yang sudah hampir kering tidak terkelupas kembali.

Hindari Matahari
Paparan sinar matahari dapat mempercepat tumbuhnya pigmen. Alhasil, bekas luka di kulit menjadi lebih terlihat karena warnanya lebih gelap.

Biarkan Sembuh Dengan Sendirinya
Jangan gunakan terlalu banyak produk di luka, apalagi produk yang kasar seperti scrub. Karena hal ini akan memperbesar risiko terjadinya perlukaan yang semakin meluas.

Sabar
Proses penyembuhan memakan waktu, bahkan bisa berlangsung lama. Yang jelas Anda harus sabar, ketika luka sudah mengering, jangan tergoda untuk mengelupasnya. Karena hal ini justru akan memperburuk luka dan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.