Mau Tahu Caranya Memahi Sifat-sifat Remaja? Intip Disini!

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Kurangnya pengetahuan atau tidak ada pemahaman akan sifat remaja inilah yang menimbulkan pengaruh buruk baik dalam keluarga maupun lingkungan sekitar.

Akibat kurangnya pemahaman orang tua akan sifat-sifat remaja, maka banyak dari remaja itu melakukan hal buruk dan menjadi pemberontak. Berikut beberapa karakter atau sifat remaja yang harus Anda ketahui sebagai orang tua:

Tidak dapat menahan keinginan
Biasanya remaja memiliki sifat ini dan pada akhirnya akan berdampak pada beban orang tua karena harus memenuhi keinginan-keinginan mereka yang meminta sesuatu. Bila tak terkabulkan akan menimbulkan kemarahan dan timbul masalah lain.

Emosi yang tidak stabil
Salah satu sifat remaja adalah keadaan emosi mereka yang tidak stabil. Mereka mengalami kesulitan dalam mengontrol emosi.

Mudah terpengaruh
Sifat remaja yang lain yaitu mudah terpengaruh. Pengaruh lingkungan pergaulan remaja membawa dampak dalam diri remaja tersebut. Mereka akan memiliki kecenderungan untuk mengikuti apa yang ada dalam lingkup pergaulannya.

Memiliki sikap canggung, kaku, dan pemalu
Anak remaja biasany memiliki sikap canggung, cenderung jadi pemalu, dan kaku saat bersosialisasi di lingkungan tempat tinggal.

Tidak suka diatur
Hal yang harus Anda ketahui, remaja memiliki sifat tidak mau diatur dan jiwa pemberontak. Saat Anda melarang bahkan memarahi, maka sikap yang akan ditunjukkan adalah berontak secara frontal atau hanya diam. Namun Anda jangan salah menilai, kediaman anak usia remaja justru akan berakibat buruk, mereka menyimpan semua uneg-uneg atau kemarahan mereka dalam hati dan hal ini hanya akan menimbulkan dendam dalam hatinya.

Suka membentuk kelompok-kelompok
Sifat remaja yang harus Anda mengerti berikutnya adalah mereka suka berkelompok. Kelompok-kelompok seperti inilah yang pada akhirnya nanti dapat menimbulkan permasalahan akibat gesekan antar kelompok remaja. Ini akan berakibat tawuran antar remaja dan perkelahian.

Rasa ingin tahu tinggi
Usia remaja adalah usia di mana anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat kuat. Mereka selalu mengeksplorasi apa yang ada di dekat mereka. Hal yang di dekat mereka inilah yang dikhawatirkan akan membawa dampak buruk. Jika hal yang dieksplorasi adalah hal positif maka efeknya pun akan baik bagi kepribadian si anak nantinya. Namun jika yang dieksplor adalah hal negatif maka akan merusak kepribadian dan moral remaja tersebut.

Beberapa sifat remaja di atas sering dapat membuat mereka mengalami masalah dalam pergaulan mereka. Anda sebagai orang tua harus memahami karakter tersebut sehingga Anda dapat melakukan bimbingan dan upaya pencegahan agar remaja tidak terjerumus dalam permasalahan yang kerap meliputi mereka. (psikologika.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.