PortalMadura.com

Medis : Ini Manfaat Luar Biasa Dibalik Lamanya Ruku dan Sujud dalam Salat Bagi Kesehatan

  • Minggu, 2 Oktober 2016 | 17:00
Medis : Ini Manfaat Luar Biasa Dibalik Lamanya Ruku dan Sujud dalam Salat Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salat yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam ada lima waktu. Ibadah yang satu ini bisa menguatkan hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Selain itu, kekhusukkan dalam menjalankan salat akan mendapatkan manfaat baik secara agama. Bahkan, memberikan dampak yang baik pula bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya, sebagian umat Islam terlalu cepat dan tidak menikmati setiap gerakan-gerakannya. Dua gerakan yang biasanya dilakukan secara kilat, yaitu saat ruku dan sujud. Karena urusan dunia, manusia mempercepat dua gerakan itu agar salat mereka cepat selesai.

Padahal, dua gerakan tersebut memiliki manfaat besar dari segi medis. Jika dilakukan secara cepat, maka manfaat medis dari gerakan ruku dan sujud itu tidak didapatkan secara maksimal. Lantas, manfaat medis seperti apa yang dimaksud?.

Sebagaimana dalam sebuah hadis, Rasulullah memerintahkan umatnya untuk memperlama gerakan ruku dan sujud dalam salat. Menurut Rasulullah lamanya dua gerakan tersebut dapat menggugurkan dosa.

Advertisement
Iklan Murah

Suatu hari Abdullah bin Umar r.a,  melihat seorang pemuda sedang salat, dia memanjangkan salatnya dan melamakannya, maka beliau bertanya: siapa yang tahu orang itu?. Maka ada yang menjawab: Saya. Beliaupun mengatakan: seandainya aku mengenalnya, tentu aku akan menyuruhnya untuk memanjangkan ruku dan sujudnya, karena aku pernah mendengar Rasulullah bersabda: “Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk salat; semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia ruku dan sujud, dosa-dosa tersebut menjadi berjatuhan” (Lihat Silsilah shahihah: 1398, sanadnya sahih).

Jadi, semakin lama ruku dan sujud umat Islam di dalam salatnya, maka akan semakin banyak dosa yang akan dilepaskan dari dirinya. Ternyata, tidak hanya dari segi agama saja gerakan yang lama dan khusuk ini memberikan manfaat. Dari segi kesehatan pun memperlama gerakan ruku dan sujud ternyata  juga memiliki manfaat besar.

Ruku menjadi salah satu gerakan yang ternyata miliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Ruku yang sempurna bisa di tandai apabila Anda meletakan gelas di punggung maka tidak akan tumpah sebab antara kepala dan tulang belakang atau punggung sejajar.

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional