Medis : Ini Manfaat Luar Biasa Membaca Alquran Dengan Bersuara

Avatar of PortalMadura.Com
Medis : Ini Manfaat Luar Biasa Membaca Alquran Dengan Bersuara
ilustrasi

PortalMadura.Com – Allah SWT memerintahkan manusia untuk membaca, sebagaimana yang Allah perintahkan pula kepada Rasulullah dalam firman-Nya yang diturunkan pertama kali. Membaca memang menjadi gerbang ilmu, terlebih lagi jika bacaan tersebut adalah sumber dari segala ilmu, yaitu Alquranul Karim.

Selain itu, ternyata membaca Alquran bisa memberikan secara medis kepada diri pembacanya. Hal ini telah diteliti oleh seorang ilmuan muslim, dr. Al Qadhi di klinik besar Florida, Amerika.

Hasil penelitian tersebut terungkap bahwa bacaan Alquran yang disuarakan akan berpengaruh pada diri pembacanya meskipun pembaca tidak paham dengan makna bacaan tersebut. Lebih jauh lagi, manfaatnya akan terasa dalam segi psikologis di mana perasaan depresi dan sedih akan berubah menjadi kedamaian ketika Alquran dibacakan.

Dalam penelitian tersebut, Al Qadhi menggunakan berbagai peralatan medis, seperti alat pendeteksi tekanan darah, detak jantung, pendeteksi kelenturan otot dan alat untuk melihat reaksi kulit terhadap aliran gelombang.

Dari hasil penelitian tersebut, orang yang membaca Alquran akan memiliki kedamaian sebesar 97%. Ia juga menuturkan bahwa sebisa mungkin Alquran dibaca sambil bersuara karena akan memiliki efek terhadap pergerakan sel kulit.

Sel kulit pada tubuh memang akan senantiasa mengalami kerusakan. Solusinya, dengan melalui terapi suara berupa bacaan Alquran. Dengan demikian, sel kulit yang rusak akan tergantikan dengan yang baru dan mengembalikan keseimbangan.

Oleh karena itu, tidak heran jika bacaan Alquran dianjurkan pada pagi hari karena mampu menjadi asupan energi dan penyemangat untuk melakukan aktivitas. Sel-sel tubuh pun akan menjadi lebih maksimal dalam menjalankan aktivitasnya.

Selain pagi hari, Alquran juga dianjurkan dibaca pada malam hari di mana bacaan tersebut akan menjadi penghilang penat dan lelah serta mengembalikan energi bagi sel tubuh setelah seharian beraktivitas.

Karenanya, perbanyak membaca Alquran sambil disuarakan. Tentunya perhatikan kaidah-kaidah seperti tajwid dan makhrajnya. Selain itu, akan lebih baik lagi jika bisa mendalami arti atau makna yang terkandung di dalamnya. (kabarmakkah.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.