Migas  

Mengenal Lapangan Migas Bukit Tua Wilayah Kerja Ketapang

Avatar of PortalMadura.com
Mengenal Lapangan Migas Bukit Tua Wilayah Kerja Ketapang
Senior Manager Corporate Affairs & Administration PC Muriah, Andiono Setiawan (Foto: Moh. Hartono)

PortalMadura.Com, – Lapangan Minyak dan Gas () Bukit Tua Wilayah Kerja (WK) Ketapang yang berada di Pantai Utara Pulau Madura, Sampang, Jawa Timur, menjadi bukti komitmen (Petroliam Nasional Berhad), perusahaan migas asal Malaysia berinvestasi di sektor hulu migas di Indonesia.

resmi ditandatangani sebagai kontrak PSC (Production Sharing Contract) dengan Pemerintah Republik Indonesia melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), pada 11 Juni 1998.

Sejak menandatangani WK Ketapang, kegiatan operasi PETRONAS menunjukkan kinerja yang sangat positif. Setidaknya ada lima struktur atau sumur yang sudah berproduksi.

Untuk mengalirkan produksi gas, PETRONAS membangun pipa dasar laut sepanjang 110 km dari fasilitas penerimaan darat atau Onshore Receiving Facilities (ORF), dengan kapasitas 70 million standard cubic feet per day (mmst), yang terletak di Kawasan Industri Maspion (KIM), Kecamatan Manyar, Gresik.

Selain itu PETRONAS juga menggunakan unit FPSO (Floating Production Storage and Offloading) yaitu unit terapung yang digunakan untuk mengambil minyak di lautan sekaligus memprosesnya menjadi minyak jadi dan langsung dialirkan ke Pertamina.

Kinerja PETRONAS di WK Ketapang juga menjanjikan ketika sejak Mei 2015 berhasil mengalirkan minyak bumi. Peresmian produksi pertama dari Fasilitas ORF yang dikembangkan telah dilakukan pada 4 November 2015.

Produksi yang dihasilkan terbilang bagus yakni sekitar 15 ribu barel per hari (bph). Saat ini PETRONAS juga sedang melakukan pengeboran di dua tempat untuk pengembangan dengan target 4000 bph.

“Untuk saat ini, PETRONAS berharap produksi minyak dapat digenjot hingga hasil optimum 20.000 bph sedangkan produksi gas sekitar 30 mmst dengan produksi optimum 50 mmsfd” kata Senior Manager Corporate Affairs & Administration PC Muriah, Andiono Setiawan, dalam siaran persnya, Rabu (27/9/2017).

Menurut Andiono, gas yang diproduksikan dari Lapangan Bukit Tua akan dialirkan ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mendukung penyediaan listrik di Wilayah Jawa Timur (Jatim) melalui Petrogas Jatim Utama (PjU). PJU adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

Sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS), PETRONAS juga comply dengan aturan Tanggung jawab Sosial (TjS) perusahaan. PETRONAS menggandeng Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk mengidentifikasi peta sosial komunitas di tiga kabupaten yang menjadi tempat beroperasinya PETRONAS di WK Ketapang yaitu Kabupaten Gresik, Bangkalan dan Sampang.

Program TjS yang disasar mencapai 13 kecamatan dengan 29 desa dan diperoleh data bahwa banyak pengangguran yang tidak memiliki keterampilan, putus sekolah, akses kesehatan yang minim, tidak ada akses air bersih, banjir saat musim hujan, dan dukungan nelayan yang minim.

“Dengan kondisi seperti itu, PETRONAS merancang program yang berkelanjutan melalui program pelatihan kewirausahaan bagi anak muda yang disebut Program Ksatria sejak 2015,” katanya.

Program tersebut juga diiringi dengan program Srikandi dalam bentuk pelatihan pemberdayaan perempuan melalui wirausaha pada tahun ini.

Dijelaskan, bahwa program operasional TjS sejak 2014 adalah memberikan layanan kesehatan melalui Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu).

Program lainnya di sektor pendidikan dengan memberikan pelatihan keterampilan lanjutan kepada para guru, memberikan bantuan buku ke perpustakaan, Program juara PETRONAS dengan membayarkan uang sekolah, seragam, tas, sepatu, dan peralatan tulis kepada siswa di tiga kabupaten tersebut.

“Semua upaya dilakukan oleh perusahaan di WK Ketapang tersebut menunjukkan bagaimana komitmen PETRONAS memberi sumbangsih pada Indonesia,” tutupnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.