Mengupas Asal Usul Bumbu Masakan di Zaman Batu

Avatar of PortalMadura.Com
Mengupas Asal Usul Bumbu Masakan di Zaman Batu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hmm, kira-kira sejak kapan, ya, manusia mulai memakai bumbu untuk masakannya? Lalu… bagaimana dengan manusia di zaman batu? Apakah mereka juga menggunakan bumbu dalam makanannya?

Sebuah study telah menemukan sisa-sisa bumbu di kuali berusia 7000 tahun di Eropa Utara. Bumbu itu berupa bawang putih (Alliaria petiolata). Dari penemuan ini, ternyata sisa bawang putih di kuali digunakan sebagai bumbu, bukan bahan makanan pokok. Karena bawang putih tersebut bercampur dengan sisa lemak binatang laut. Sepertinya, mereka membumbui ikan dengan bawang putih.

Pada masa itu orang Eropa Utara masih memakai peralatan dari batu. Mereka masih hidup berburu dan mengumpulkan bahan makanan dari hutan. Tujuan manusia makan hanya untuk memberi energi bagi tubuh mereka. Pada zaman itu rasa makanan tidak terlalu menjadi masalah.

Namun, ilmuwan belum bisa menyimpulkan darimana asal bumbu bawang putih tersebut. Apakah bawang putih tersebut berasal dari daerah Eropa atau dari Asia. Asal bawang putih menjadi hal yang menarik mengingat orang Eropa mengenal bumbu pertama kali dari bangsa Asia.

Hal ini masih menjadi teka-teki bagi para ilmuan. Ilmuwan masih harus menjadi detektif untuk membuat cerita menarik tentang kisah bumbu di zaman batu. (kidnesia.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.