Mitos: Minum Air Dingin dan Makan Es Batu Bikin Gemuk

Avatar of PortalMadura.com
Mitos: Minum Air Dingin dan Makan Es Batu Bikin Gemuk
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan minum dan makan menurut sebagian orang bisa menyebabkan kegemukan. Hal ini, karena air atau asupan bersuhu dingin dianggap bikin lemak jadi menumpuk.

Padahal, menurut seorang nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD, bahwa air dingin yang diminum akan disesuaikan suhunya dengan suhu internal tubuh, berapapun suhunya. Hal ini terjadi karena adanya proses alami tubuh yakni termoregulasi, supaya suhu tubuh tetap konstan. Lemak tidak akan membeku atau menumpuk jika Anda minum air dingin.

Dikutip dari bukunya yang berjudul ‘Fit Teen's Diary‘, Jansen juga menuturkan, bahwa es batu hanya dibuat dari air putih yang didinginkan. Maka dari itu, sudah bisa dipastikan air putih dingin maupun es batu tidak mengandung kalori, sehingga mengonsumsinya juga tidak memicu kegemukan.

Nah, yang perlu dijadikan perhatian bukan suhu dari minuman, tapi tambahan bahan makanan termasuk gula dan pengawet. Bahan-bahan inilah yang dianggap Jansen justru bisa memicu berat badan jadi naik.

“Mitos ini terbentuk karena banyaknya minuman-minuman dingin seperti es teh manis atau es campur yang mengandung tinggi gula, tapi yang disalahkan malah es batunya,” imbuhnya.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi air dingin atau es batu, selain tambahan lain seperti gula dan pemanis, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari air putih itu sendiri. “akan menjadi masalah lain seperti diare jika es batunya terbuat dari air mentah,” ungkapnya. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.