PortalMadura.com

Moms, Ini 3 Cara Cerdas Bantu Anak Saat Banyak Tugas Sekolah

  • Kamis, 7 September 2017 | 07:00
Moms, Ini 3 Cara Cerdas Bantu Anak Saat Banyak Tugas Sekolah
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Anak yang sudah memasuki dunia sekolah seringkali sibuk dengan rutinitas sekolahnya. Mulai dari les di sekolah, les privat, ekstra kulikuler atau bahkan les ngaji sehingga membuat anak tidak punya waktu bermain.

Belum lagi tugas sekolah yang harus dikerjakan di rumah. Kebanyakan ibu tidak tega melihat anaknya mengerjakan banyak tugas sekolah. Hal itu yang menjadi alasan ibu untuk membantu mengerjakan semua tugas anaknya.

Sebenarnya membantu anak dalam mengerjakan tugas tidak ada salahnya. Namun, bukan berarti ibu yang harus menyelesaikan semua tugas anak. Beri kesempatan anak untuk mengerjakannya sendiri.

Nah, ini tiga hal yang harus ibu lakukan saat anak meminta bantuan mengerjakan tugas sekolahnya:

Dampingi Si Kecil
Saat anak meminta bantuan untuk mengerjakan tugas sekolahnya, maka yang perlu mom lakukan adalah mendampinginya. Buat ia nyaman saat mengerjakan tugas. Keberadaan mom di sampingnya akan membuat ia merasa nyaman dan diperhatikan.

Percayalah dengan kemampuannya. Dampingi setiap proses yang ia lalui. Yakini bahwa proses jauh lebih penting daripada sekadar hasil. Maka mendampingi ia dalam berproses akan membuatnya merasa berharga.

Kolaborasi Mom dan Si Kecil
Tidak ada tugas yang benar-benar sulit. Maka yang perlu mom lakukan adalah biarkan anak untuk mengerjakan tugas yang dapat ia kerjakan. Mom cukup melihatnya, jika memang ia kesulitan bantu ia. Setelahnya biarkan ia melanjutkan untuk menyelesaikan tugasnya sendiri.

Berikan ide-ide dalam mengerjakan tugas, dan biarkan si kecil yang menyelesaikannya. Jangan lupa untuk memberikan pujian padanya saat ia berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Apresiasi yang Dikerjakan Si Kecil
Untuk tugas sekolah yang berupa karya seni, biasanya akan dikembalikan kepada siswa. Tidak ada salahnya jika tugas tersebut dipajang di rumah. Tunjukkan jika usahanya tidak sia-sia dan biarkan ia merasa dihargai.

Mom, bantu si kecil mengembangkan potensinya dan bantu ia untuk mandiri. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional