PortalMadura.com

Moms, Ini 3 Tips Aman Saat Anak Bermain di Luar Rumah

  • Sabtu, 9 September 2017 | 07:00
Moms, Ini 3 Tips Aman Saat Anak Bermain di Luar Rumah
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Membiarkan anak bermain di luar ruangan menjadi salah satu tujuan orang tua agar anak bisa mengetahui lingkungan sekitarnya. Karena dengan cara itu, selain bisa mengeksplorasi pengetahuannya juga untuk meningkatkan tumbuh kembangnya.

Namun, kebanyakan orang tua masih khawatir jika anak mereka bermain di luar ruangan. Hal ini wajar, mengingat banyak bahaya yang mungkin ditemui di luar sana. Tapi bukan berarti ibu harus membatasi ruang gerak anak.

Oleh karena itu, agar orang tua tidak khawatir saat anak bermain di luar rumah, berikut ini ada tiga tips aman yang bisa dilakukan:

Gunakan Pelindung Kulit yang Sesuai
Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga butuh perlindungan untuk kulit. Saat bermain di luar ruangan pastikan perlindungan kulit yang tepat. Meskipun sinar matahari baik untuk pertumbuhan tulang anak, tetapi disarankan untuk mengurangi paparan sinar matahari pada pukul 11 hingga 3 sore.

Saat beraktifitas di luar ruangan pada jam itu, sebaiknya gunakan baju lengan panjang dan topi untuk mencegah radiasi sinar matahari. Jika bermain di pantai, oleskan krim pelindung matahari khusus anak. Kulit anak cenderung sensitif, jadi usahakan ajak anak untuk bermain di tempat yang teduh.

Biarkan Ia Bermain dan Awasi Dia Dari Jauh
Saat sedang bermain di luar ruangan, pastikan ia masih dalam jangkauan ibu. Bebaskan dia, tetapi usahakan untuk tetap mengawasi si kecil. Membebaskan anak akan membantu ia mengenal lingkungannya lebih jauh. Jangan selalu melarangnya, cukup awasi dari jauh dan pastikan kegiatan yang dilakukannya aman.

Meskipun ia bermain di sekitar lingkungan rumah, pastikan ibu memperhatikannya. Jangan pernah melewatkan pandangan mata dari anak-anak, apalagi meninggalkan mereka berjam-jam saat sedang bermain di luar ruangan. Walaupun di sekitar mereka ada orang lain, belum tentu mereka ikut membantu mengawasi anak-anak. Jadi, tetap berhati-hati ya mom.

Sesuaikan Permainan yang Tepat untuk Anak
Usia balita adalah usia yang sangat aktif. Maka mom harus lebih awas saat mengajak balita bermain di luar ruangan. Misalnya mom ingin mengajak si kecil berenang, maka minta si kecil untuk berenang hanya di kolam khusus anak. Berikan pemahaman jika memaksa berenang di kolam dewasa akan menyebabkan ia tenggelam dan membahayakan keselamatannya.

Pemahaman tentang hal ini juga akan membantu anak lebih peka terhadap lingkungan sehingga ia lebih berhati-hati saat bermain di luar ruangan.

Mom, demikian tips yang perlu diperhatikan saat melepas anak bermain di luar ruangan. Yuk, ajak ia mengenal lebih luas lingkungannya untuk meningkatkan tumbuh kembang si kecil. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional