Moms, Ini 3 Trik Mudah Ajarkan Bilingual pada Anak di Rumah

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini 3 Trik Mudah Ajarkan Bilingual pada Anak di Rumah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak menggunakan bahasa yang baik merupakan tanggung jawab orang tua agar si kecil mengetahui adab dalam berbahasa. Sebagian orang tua ada yang mempercayakan pada sekolah untuk mendapat ilmu tersebut. Namun ada yang sudah membiasakannya dalam aktivitas sehari-hari.

Kebiasaan ini adalah suatu langkah yang tepat agar anak terbiasa belajar dirumah dan tidak hanya tergantung pada sekolah. Jadi, Anda sebagai orang tua bisa ambil bagian dalam proses pembelajaran tersebut dengan mengajarkannya anak memakai dua bahasa yang baik () ataupun lebih dari dua (multilingual). Apabila Anda menggunakannya maka anak kemungkinan besar akan mengikutinya. Inilah pentingnya mengapa Anda harus ikut didalamnya:

Belajarlah Juga
Misalnya, jika Anda merasa tidak begitu bisa menguasai Bahasa Inggris, belajarlah sedikit-demi sedikit dari sekarang. Belajar kata-kata sederhana yang biasa digunakan sehari-hari. Tidak perlu memaksakan harus bagus secara tata bahasa. Akan lebih mudah jika Anda memang sudah menguasai Bahasa Inggris, jadi Anda bisa ngobrol dengan anak dengan Bahasa Inggris.

Beli Buku untuk Latihan
Anda bisa membeli buku latihan, buku cerita atau CD lagu anak-anak untuk membiasakan anak dengan bahasa asing. Tidak harus dalam bentuk belajar serius di meja, Anda bisa menyamarkan dengan permainan. Make it fun. Anak-anak akan lebih suka jika diajak bernyanyi atau mendengarkan dongeng. Anda juga bisa mencari aplikasi bahasa tertentu di Play Store atau Google untuk mendukung proses belajar.

Beri Tahu Apa Manfaatnya
Jelaskan pada anak bahwa belajar bahasa asing akan membawa banyak manfaat untuk masa depannya. Jika kebetulan di sekolah ada anak bule, Anda bisa memberi contoh, dengan belajar bahasa tertentu, ia bisa ngobrol dengan mudah dengan semua orang.

Penguasaan bahasa asing memang sangat bisa membantu pendidikan anak di masa depan, namun pastikan Anda tidak memaksakan pada anak ya Moms. Pastikan anak nyaman saat belajar bahasa asing denganmu ya. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.