Moms, Ini 5 Perubahan yang Terjadi pada Miss V Setelah Melahirkan

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini 5 Perubahan yang Terjadi pada Miss V Setelah Melahirkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hamil dan merupakan anugerah yang bisa dirasakan wanita. Namun tidak semua wanita bisa melaluinya. Oleh karena itu, berbahagialah jika Anda bisa merasakan dua hal tersebut. Itu tandanya Anda sudah menjadi wanita seutuhnya.

Setipa wanita akan mengalami perubahan pada beberapa anggota tubuhnya saat hamil dan juga melahirkan. Seperti bentuk tubuh saat hamil serta area vagina saat Anda melahirkan. Nah, ini lima perubahan yang terjadi pada vagina Anda setelah melahirkan.

Berikut penjelasannya:

yang Lebar
Setelah mengeluarkan bayi yang besar, wajar jika Anda merasa vagina lebih lebar dan longgar. Biasanya satu tahun pertama, Anda masih merasa miss V longgar karena otot area intim masih menyesuaikan diri lagi untuk kembali ke bentuk semula. Jika merasa terlalu longgar, Anda bisa melakukan senam kegel atau pengencangan otot vagina agar kembali seperti dulu.

Miss V Kering
Area vagina yang kering sering jadi keluhan ibu-ibu setelah melahirkan. Karena menyusui menyebabkan tingkat estrogen menurun dan hal ini mengakibatkan adanya perubahan di area intim, yaitu miss V menjadi kering. Tapi karena ini dipengaruhi hormon saat menyusui, masalah kekeringan ini hanya sementara.

Miss V Terasa Sakit
Karena pengalaman melahirkan yang menyakitkan, tidak jarang Anda masih merasakan sedikit pedih dan nyeri di area miss V karena otot dan jaringan di sekitar miss V ditarik dan terkadang mengalami perobekan. Masa penyembuhannya tidak cukup 1-2 bulan, dan itu wajar.

Warna Miss V Berubah
Jangan heran jika kemudian Anda melihat warna labia dan vulva vagina berubah warna. Pada banyak wanita, warna bagian luar miss V berubah kehitaman dari sebelumnya. “Hal ini bukan hanya disebabkan perubahan hormon tapi juga karena luka operasi, tarikan jaringan setelah melahirkan.”

Pendarahan Miss V
Keluarnya cairan pada vagina setelah melahirkan itu terjadi secara alami, biasanya kombinasi antara darah, lendir, dan cairan di dalam vagina atau seringkali disebut nifas. Ini adalah proses pembersihan miss V dan biasanya selesai 6 minggu setelah melahirkan.

Tubuh Anda sudah tidak seperti dulu lagi, dan hal itu wajar adanya. Ada banyak perubahan pada tubuh Anda, apalagi vagina. Tapi hal itu tidak bisa menandingi betapa bahagianya punya bayi yang lahir dari rahim Anda sendiri, iya kan Moms?. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.