Moms, Ini 5 Tips Mudah Pilih Mainan untuk Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini 5 Tips Mudah Pilih Mainan untuk Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak merupakan aset yang paling berharga bagi orang tua. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi putra putrinya. Oleh karena itu, demi menyenangkan anaknya orang tua akan memberikan apa saja, terutama mainan.

Mainan ternyata bukan sekedar untuk menyenangkan hati sikecil, tetapi juga dapat digunakan untuk memicu kreativitas otak anak. Membantunya dalam meningkatkan kecerdasan sistem motoriknya.

Mengingat pentingnya memilih mainan membuat seorang ibu harus tepat dan teliti. Mainan yang dipilih jangan sampai berakibat buruk pada anak. Pilih mainan yang tepat dan baik untuk perkembangan anak.

Berikut lima cara memilih mainan untuk anak yang perlu diketahui oleh seorang ibu:

Pilih Mainan yang dapat Digunakan dengan Cara Berbeda
Anak-anak sangat menyukai bermain. Mereka akan menyimpan mainannya dan berharap dapat digunakan dengan berbagai cara. Mainan yang dapat berfungsi dengan berbagai cara dapat meningkatkan kreatifitas anak. Semakin banyak kreasi yang dapat dipakai, semakin baik mainan tersebut.

Pilih Mainan yang dapat Membantunya Belajar untuk Membaca
Misalnya, puzzle, mobil-mobilan, dan lego pilih yang bentuknya alfabet. Mengapa demikian?. Karena, bentuk alfabet akan membantu si kecil mengenal huruf dan membantu proses belajarnya. Pilih bentuk yang menarik sehingga anak tetap merasa sedang bermain.

Pilih Mainan yang Menantang
Belajar tantangan bisa juga dari mainan. Pilih mainan yang dapat meningkatkan kemampuannya belajar tentang tantangan. Rubrik dengan bentuk yang bermacam-macam adalah tantangan buat si kecil. Jangan lupa juga untuk selalu memilih dengan warna yang cerah sehingga menarik perhatian si kecil.

Pilih Mainan yang Sederhana
Tidak perlu memilih mainan yang memiliki bentuk rumit. Pilih mainan yang memiliki bentuk sederhana. Hindari juga mainan yang bertepi tajam, bentuk mainan seperti ini dapat membahayakan keselamatan si kecil.

Pilih Mainan yang Sesuai Umur
Saat anak berusia di bawah 3 tahun, pilih mainan yang ukurannya lebih besar dari mulutnya. Hal ini penting untuk menghindari anak tersedak mainan. Karena, anak usia di bawah 3 tahun, gemar memasukkan makanan ke dalam mulut. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.