Moms, Ini Kaidah Lakukan Pengajian Empat Bulanan bagi Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini Kaidah Lakukan Pengajian Empat Bulanan bagi Ibu Hamil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang wanita yang sudah menikah akan merasa sempurna apabila merasakan kehamilan. Sebab, dikaruniai seorang anak merupakan anugerah terindah dan tentunya akan disambut bahagia oleh seluruh keluarga.

Ada beberapa ritual khusus yang biasa dilakukan keluarga saat proses kehamilan. Biasanya saat janin berumur tujuh bulan atau empat bulan. Dalam Islam, pada bulan keempatlah usia kehamilan sangat diistimewakan. Maka tidak heran, sering kita melihat diadakannya empat bulan untuk ibu yang sedang .

Allah SWT berfirman dalam surah Al Mu'min ayat 67 tentang asal-muasal penciptaan manusia: “Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkanNya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya)'. (QS : Al Mu'min : 67).

Ayat tersebut menjelaskan tentang proses reproduksi yang juga dijelaskan secara ilmiah, ketika air mani bertemu dengan sel telur hingga terjadilah pembuahan.

Allah juga berfirman dalam As Sajdah ayat 7-10, tentang penciptaan manusia: “Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani). Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh)nya ruh (ciptaan)Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. Dan mereka berkata, “Apakah bila kami telah lenyap (hancur) di dalam tanah, kami benar-benar akan berada dalam ciptaan yang baru?” Bahkan (sebenarnya) mereka ingkar akan menemui Rabbnya. (QS. AS Sajdah : 7-10)

Setelah terjadi pembuahan, terjadi perubahan dalam rahim seorang ibu. Rasulullah SAW menjelaskan tentang proses demi proses kehamilan terjadi hingga memasuki bulan keempat. Ketika memasuki 120 hari kehamilan maka para ulama berpendapat saat itulah ruh ditiupkan sesuai penjelasan hadits Rasulullah SAW.

“Sesungguhnya salah seorang diantara kalian dipadukan bentuk ciptaannya dalam perut ibunya selama empat puluh hari (dalam bentuk mani) lalu menjadi segumpal darah selama itu pula (selama 40 hari), lalu menjadi segumpal daging selama itu pula, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh pada janin tersebut, lalu ditetapkan baginya empat hal: rizkinya, ajalnya, perbuatannya, serta kesengsaraannya dan kebahagiaannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka ketika ruh ditiupkan, janin tumbuh dalam rahim seorang ibu. Sejak itulah kehidupan dimulai, maka tak heran lantunan doa dipanjatkan agar pertumbuhan janin lancar dan lancar dan dan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Demikian dikutip dari berbagai sumber. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.