Moms, Si Kecil Suka Memukul? Jangan Dibentak Tapi Ketahui Sebabnya

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Si Kecil Suka Memukul? Jangan Dibentak Tapi Ketahui Sebabnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Perkembangan psikis harus menjadi perhatian orang tua khususnya . Biasanya, karena terlalu sibuk dengan urusan rumah tangga, seorang ibu kadang lupa jika psikis anak juga butuh perhatian.

Mungkin ibu pernah kaget mendapati anaknya suka teman sebayanya. Padahal, di rumah anak tersebut tidak pernah diajari memukul. Disinilah peran seorang ibu untuk mengawasi perkembangan emosi anak. Karena saat usia emas anak lebih mudah meniru perkataan maupun perbuatan orang lain di sekitarnya.

Lantas bagaimana mengatasinya?. Seorang ibu hanya perlu melakukan beberapa hal ini agar perkembangan emosi anak lebih stabil. Berikut penjelasannya:

Bantu Anak Mengenal Emosinya
Saat anak marah, mungkin ia akan memukul. Bantu anak untuk mengenal emosinya. Berikan penjelasan yang baik untuk mengendalikan emosinya. Jelaskan jika memukul adalah tindakan yang tidak baik. Memukul adalah tindakan yang menyakiti orang lain. Memberikan pemahaman ini akan membuat si kecil lebih memahami emosinya.

Sebaiknya batasi untuk marah di depan anak. Usahakan untuk tetap tenang sebarapa berat emosi yang ibu alami.

Ciptakan Lingkungan yang Nyaman
Anak-anak seperti orang dewasa, yang merasa tidak nyaman saat lingkungannya tidak aman. Anak yang memukul bisa jadi merasa tidak nyaman, jadi hal yang perlu ibu lakukan yaitu pastikan lingkungan yang anak tempati nyaman dan aman.

Jadilah Penolong yang Baik
Jadilah penolong yang baik untuk si kecil. Katakan padanya saat anak Anda akan marah dan kesal agar mencari ibu. Bantu ia untuk menceritakan semuanya dengan tenang, coba dengarkan dengan sebaik mungkin. Berikan pengertian mengapa hal tersebut terjadi pada si kecil, dan pastikan mom dapat memberikan penyelesaian yang baik untuknya.

Menjadi orangtua memang tidak mudah, apalagi saat anak berlaku tidak semestinya. Tapi bukan berarti mom harus marah kan? Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.