Moms, Yuk Ajak Si Kecil Liburan Seru dengan Berkebun

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Yuk Ajak Si Kecil Liburan Seru dengan Berkebun
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajak anak liburan merupakan salah satu alternatif untuk membuatnya merasa senang. Liburan yang dilakukan biasanya identik dengan jalan-jalan, padahal tidak selamanya begitu. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada si kecil, salah satunya adalah .

Mengenal dan mengajarkan anak menanam berbagai tumbuhan penting dilakukan. Selain anak bisa memiliki pengetahuan baru, anak juga bisa mencintai dan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Jangan pernah takut untuk membuatnya kotor terkena tanah, karena dengan begitu si kecil bisa menghargai alam sejak usia dini dan mempengaruhi perkembangan karakternya. Walaupun terkadang sangat sulit untuk mengajaknya, tapi cobalah dengan cara baik-baik. Bagaimana mengenalkan aktivitas ini pada si kecil? Berikut tips liburan seru bersama anak dengan berkebun:

Mulailah dari Hal yang Sederhana
Mengajak anak untuk turut serta dalam kegiatan berkebun memang sangat bermanfaat. Selain mengajarkan anak untuk cinta pada lingkungan, anak sendiri akan merasa senang dan bebas bisa bermain-main dengan tanah.

Ajarkan anak untuk menanam tanaman dari fase biji. Gunakan biji kacang hijau, jagung, atau tanaman berbiji lainnya. Di sini, Anda juga dapat mengenalkan anak untuk menanam di pot dan bisa memanfaatkan tanah pekarangan rumah.

Kenalkan dengan Tanaman-tanaman Umum
Setelah mengajarkan anak untuk menanam tanaman dari fase biji, ada baiknya Anda mulai mengenalkannya pada jenis tanaman-tanaman umum yang sering dijumpai di banyak tempat seperti bunga-bungaan dan tanaman obat. Dengan begitu si kecil bisa lebih mengenal macam-macam bunga.

Sebaiknya Jangan Gunakan Pupuk Sintetis
Menghindari dari keracunan dan alergi, sebaiknya Anda tidak memperkenalkan anak untuk memakai pupuk kimia sintetis dalam menyuburkan tanaman. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan contoh dengan menggunakan air tajin (air cucian beras) sebagai penyubur tanaman.

Ajari Anak untuk Merawat
Setelah mengajari bagaimana cara menanam tanaman, jangan lupa ajari anak untuk merawat tanaman dengan menyiram secara rutin dan menjaganya dengan baik.

Beberapa cara di atas tentunya akan membuat si kecil belajar bertanggung jawab, bekerja keras, sabar dan lebih percaya diri. Selain itu, sambil berkebun Anda bisa mengajarkan tentang nutrisi yang terkandung dalam tanaman tersebut, sehingga anak tidak lagi anti pada sayuran maupun buah-buahan. Bagaimana, Moms? Tertarik untuk mempraktekannya? Selamat mencoba. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.