Mulai Dikerjakan, Perpanjangan Landas Pacu Bandara Trunojoyo Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Mulai Dikerjakan, Perpanjangan Landas Pacu Bandara Trunojoyo Sumenep
Perpanjangan Landas Pacu

PortalMadura.Com, dan parkir pesawat Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah masuk proses pembuatan dan perbaikan tanah dasar.

“Perpanjangan landas pacu dan parkir pesawat sudah masuk proses pembuatan dan perbaikan tanah dasar,” kata  Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Selasa (26/4/2016).

Menurut Wahyu, parkir pesawat yang sedang dikerjakan itu seluas 80 x 75 meter. Estimasi proyek perpanjangan landas pacu ini akan tuntas pada bulan Nopember 2016.

“Pekerjaan proyek ini Nopember sudah harus tuntas,” ucapnya.

Pada Januari 2017, direncanakan Bandara tersebut sudah bisa dimanfaatkan pesawat berkapasitas 72 penumpang atau beroperasi secara komersial.

“Sesuai kontrak pekerjaan penambahan fasilitas di Bandara ini memang Nopember tahun ini,” bebernya.

Untuk bisa beroperasi secara komersil, Bandara Trunojoyo membutuhkan lahan seluas 108 hektar.

Sedangkan lahan yang ada saat ini baru sekitar 46 hektar, jadi kurang sekitar 60 hektar lebih. “Lahan yang harus dibebaskan tahun ini seluas 5,1 hektar,” tuturnya.

Tahun ini, imbuhnya, Bandara Trunojoyo Sumenep mendapatkan aliran dana sebesar Rp33,7 miliar dari Kementerian Perhubungan RI, meliputi pekerjaan perpanjangan dan pelebaran landas pacu sebesar Rp25, 9 miliar dan pembuatan parkir pesawat sebesar Rp7,8 miliar. Total sebesar Rp33,7 miliar.

“Saat ini panjang landas pacu 1.130 meter, akan diperpanjang hingga 1.600 meter dan lebar 23 menjadi 30 meter,” tukasnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.