Musim Kemarau, Babinsa Diminta Aktif Cek Sawah Petani

Avatar of PortalMadura.Com
TNI Bangkalan
TNI Bangkalan

PortalMadura.Com, – Jajaran Kodim 0829/Bangkalan, dari Koramil hingga Babinsa giat pendampingan petani melaksanakann pengecekan dan monitoring tanaman padi, jagung dan kedelai.

Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto menginstruksikan agar Babinsa aktif melaksanakan pengecekan sawah-sawah yang mulai mengering di musim kemarau ini. Di samping itu, para Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah kabupaten Bangkalan ini.

“Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” kata Dandim, Rabu (14/10/2015).

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2017, di mana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan.

Mengingat, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk menyukseskan program swasembada pangan berupa padi, jagung, dan kedelai (Pajale) itu.

Dan pada masa tanam (MT) II tahun ini, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangkalan menargetkan provitas (produktivitas tanaman) dalam gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (GP-PTT) mencapai 59,54 kuintal per hektare gabah kering giling (GKG).

Program kelanjutan sekolah lapang (SL) PTT ini berada di tiga kecamatan yakni Socah, Burneh, dan Kecamatan Klampis. Luasnya mencapai 4.3 hektare padi, jagung, dan 7 kedelai. (rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.