PortalMadura.com

Musim Kemarau, BPBD Sumenep Belum Deteksi Wilayah Kekeringan

  • Rabu, 31 Agustus 2016 | 13:55
Musim Kemarau, BPBD Sumenep Belum Deteksi Wilayah Kekeringan
ilustrasi

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur belum mendeteksi wilayah yang berpotensi alami kekeringan dimusim kemarau 2016. Bahkan Sumenep diklaim aman dari kekeringan dengan indikator saat ini merupakan musim kemarau basah.

“Hingga saat ini kami belum mendeteksi daerah kekeringan. Sesuai edaran BMKG pusat, Sumenep termasuk daerah yang aman dari kekeringan hingga bulan September 2016,” ungkap Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumenep, R. Syaiful Arifin, Rabu (31/8/2016).

Ketengan BMKG, sampai bulan September Sumenep masih akan terjadi hujan meski dalam volume rendah, sehingga dipastikan tidak akan terjadi kekeringan sebagaimana terjadi tahun sebelumnya.

“Dan sampai saat ini belum ada wilayah yang mengalami kekeringan hingga membutuhkan bantuan air bersih,” urainya.

Pihaknya tetap mengantisipasi akan terjadinya kekurangan air bersih sehingga BPBD telah membuat surat edaran yang disebar ke sejumlah kepala desa.

“Jika ada daerah yang berpotensi mengalami kekeringan, baik kering kritis maupun kering langka, diharapkan segera melaporkan. Tapi sampai sekarang belum ada laporan dari kepala desa tersebut,” jelasnya.

Jika ada daerah yang terjadi kekeringan, pihaknya sudah menyiapkan air bersih yang siap didistribusikan ke daerah tersebut sehingga masyarakat dipastikan tidak akan kekurangan air bersih. “Kalaupun terjadi kekeringan, kami sudah siapkan air bersih untuk didistribusikan,” pungkasnya. (arifin/choir)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional