Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan yang tepat untuk memperbanyak doa. Allah SWT akan senang apabila hambanya selalu meminta atau berdoa kepada-Nya, apalagi di bulan yang penuh berkah seperti bulan Ramadan.

Hadis dari Jabir bin ‘Abdillah R.A, Rasulullah bersabda: ”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa akan dikabulkan,” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma' Az-Zawaid, 10: 14 mengatakan bahwa perowinyatsiqoh, terpercaya. Lihat Jami'ul Ahadis, 9: 224).

Ada tiga waktu selama bulan Ramadan yang merupakan waktu-waktu mustajab untuk berdoa. yaitu:

Waktu Sahur
Dari Abu Hutur R.A, Rasulullah bersabda: ” Rabb kita tabaraka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni,” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Ibnu Hajar juga menjelaskan maksud hadis di atas dengan berkata: “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan,” (Fath Al-Bari, 3: 32).

Saat Berpuasa
Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah bersabda: “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi,” (HR. Ahmad 2: 305).

Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Disunahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum,” (Al-Majmu', 6: 273).

Ketika Berbuka Puasa
Rasulullah bersabda: “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : 1. Pemimpin yang adil, 2. Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, 3. Doa orang yang terzalimi,” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278), disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa, yaitu karena saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. (tribunnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.