Ngantuk saat Tarawih? Ini Solusinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Ngantuk saat Tarawih? Ini Solusinya!

PortalMadura.Com – Banyak orang yang mengeluhkan rasa kantuk saat melaksanakan salat tarawih. Sehingga, dalam pelaksanaan salatnya tidak bisa khusyuk.

Ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Bunda Menteng, dr. Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK menjelaskan, bahwa pola makan yang tepat akan mencegah meningkatnya gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, akan terhindar rasa kantuk saat menjalankan tarawih.

“Agar tidak ngantuk, jangan langsung menyantap makanan dalam porsi besar saat berbuka puasa. Makan dalam jumlah yang cukup seperti biasa dan sehat agar terhindar dari lonjakan gula darah,” paparnya.

Sementara, saat berbuka puasa dr Marya menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Seperti beras merah, beras cokelat, gandum, oat, ubi-ubian, dan jagung. Untuk protein, pilih daging rendah lemak, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu.

Lalu untuk lemak, dr Marya menganjurkan untuk mengonsumsi lemak yang sehat. Seperti ikan, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Sedangkan makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa adalah gorengan dengan lemak berlebih.

“Yang harus diingat adalah seimbang. Hindari juga makanan-makanan yang terlalu pedas atau yang mengandung bumbu, yang dapat mengganggu pencernaan. Akibatnya nanti sakit perut, atau asam lambung naik,” pungkasnya. (chanelmuslim.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.