PortalMadura.com

Opini – Tren Selfie yang Mencemaskan

  • Selasa, 13 Oktober 2015 | 10:16
Opini – Tren Selfie yang Mencemaskan
Ist. Diah Agustini

PortalMadura.Com, Bangkalan – Selfie atau foto diri sudah menjadi hal yang lumrah saat ini, terutamanya bagi kaum remaja. Setiap kesempatan mereka berfoto sesuai kegiatan yang sedang dilakukan kemudian diunggah diakun sosial medianya agar terlihat up to date. Selfie menjadi kegiatan yang menyenangkan, namun ada beberapa dampak negatif dari selfie.

Dalam penelitiannya, Etnomark Consulting memetakan tipe pengguna media sosial berdasarkan tujuan posting dalam “Status update”. Hasil studi menjelaskan adanya tujuh tipe pengguna media sosial.

Diantaranya The “Eksis-Narsis” adalah orang yang senang mencari perhatian dan posting dilengkapi foto. Perhatian lebih kepada dunianya sendiri.

Disadari atau tidak tujuan dari selfie adalah mencari perhatian agar terlihat eksis. Padahal sebelum selfie menjadi popular tujuan utama dari berfoto adalah mengabadikan moment untuk dikenang kelak dikemudian hari.

Kenyataanya sekarang selfie menjadi kegiatan rutin, jadi tidak ada perbedaan moment yang berkesan atau tidak. Ada banyak orang yang tidak sadar mereka terkena dampak negatif dari selfie, diantaranya menjadi tidak produktif, saat bosan melanda biasanya kita membaca buku atau menonton film agar menemukan ide baru namun sekarang ketika bosan kita lebih memilih untuk berfoto ria, itu hanya menghilangkan bosan.


loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional