Orang Tua, Ini Tips Bikin Anak Sukses Walaupun Kurang Jenius

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua, Ini Tips Bikin Anak Sukses Walaupun Kurang Jenius
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing, ada yang pintar adapula yang kurang jenius. Setiap orang tua tentu lebih memilih seorang anak yang pintar agar anaknya menjadi sukses dan bisa membahagiakannya nanti.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua anak yang cerdas bisa mencapai kesuksesannya. Kadangkala, ada anak yang tidak jenius justru dia bisa sukses berkat usaha dan dorongan orang tua. Jadi, Anda jangan merasa kecil hati dulu jika melihat anak tidak memiliki kemampuan yang Anda harapkan. Tetap berikan semangat dan didikan yang baik bagi anak. Karena setiap usaha tidak akan mengecewakan hasil.

Lantas langkah apa yang perlu dilakukan untuk membuat anak menjadi seseorang yang sukses walaupun kemampuannya kurang jenius?. Nah, berikut beberapa cara cerdas orang tua dalam mendidik anak:

Tetap Meminta Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga
“Jika anak-anak tidak mencuci piring, itu artinya ada orang lain yang melakukan itu untuk mereka,” kata wanita yang juga pernah menjadi Dekan di Stanford University, Julie Lythcott-Haims.

Menurut Haims, dengan anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga mereka belajar bahwa ada hal-hal lain yang perlu dikerjakan. Dan kerja sama tim dalam melakukan sesuatu berkontribusi dalam kesuksesan.

“Membesarkan anak dengan mengajarkan mereka melakukan pekerjaan rumah tangga membuat mereka nanti saat sudah bekerja mampu bekerjasama dengan rekan kerja sekaligus lebih mandiri,” kata Haims.

Orang Tua Mengajari Cara Bersosialisasi
Kesuksesan tidak melulu terkait hal akademis, tapi juga kemampuan bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini terbukti dalam studi yang dilakukan peneliti asal Pennsylvania State University dan Duke University.

Mereka melakukan studi terhadap 700 anak-anak TK hingga usia 25 tahun. Peneliti mendapati ada korelasi signifikan antara kemampuan bersosialisasi anak saat TK dengan kesuksesan saat dewasa.

“Studi menunjukkan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan bagi masa depan anak-anak,” kata Direktur Robert Wood Johnson Foundation, Robert Wood Johnson Foundation yang mendanai riset tersebut.

Ekspektasi Tinggi
Harapan besar dari orangtua agar ternyata berpengaruh terhadap pencapaian anak. Contohnya menginginkan anak studi hingga kuliah, orangtua jadi memiliki semangat mengumpulkan materi serta mengarahkan anak agar bisa bersekolah tinggi.

Hubungan yang Sehat dalam Keluarga
Anak-anak yang berada dalam keluarga penuh konflik, cenderung kesuksesan anak-anak tidak sebaik mereka yang berada dalam hubungan keluarga sehat. Hal ini disampaikan lewat penelitian dari University of Illinois.

Salah satunya anak yang orangtuanya bercerai. Ada sebuah studi mengungkapkan perceraian orangtua masih menimbulkan rasa nyeri dan stres hingga belasan tahun kemudian.

Mengajari Matematika Sejak Awal
Mengajari matematika sejak anak prasekolah rupanya berdampak besar pada kesuksesan nanti. Penguasaan matematika dasar di awal belajar, bisa memprediksi juga prestasinya di masa depan,” kata salah satu peneliti dari Northwestern University, Greg Duncan.

Orang Tua Membina Hubungan Baik dengan anak
Hubungan yang hangat antara orangtua dan anak cenderung memiliki nilai akademis yang baik. Ini terbukti dalam studi di 2014, anak-anak yang memiliki hubungan baik saat usia tiga tahun, dia lebih memiliki prestasi akademik gemilang saat sudah dewasa.

Ibu yang Bahagia
Ibu yang memiliki banyak waktu dan hubungan yang baik dengan anak-anak saat usia 3 -11 tahun, saat besar anak-anak cenderung memiliki perilaku sopan, sejahtera, dan sukses. Lalu, ibu yang jarang stres dengan perilaku anak juga berdampak pada kesuksesan anak.

“Stres pada ibu, terutama ibu yang stres karena anak-anak dan pekerjaan, berpengaruh terhadap perilaku anak,” kata sosiolog dari Green State University, Kei Nomaguchi. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.