Orang Tua Wajib Ajarkan 3 Hal Ini Pada Anak Perempuan

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua Wajib Ajarkan 3 Hal Ini Pada Anak Perempuan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua memiliki kewajiban untuk mengasuh dan mendidik anak perempuannya dengan baik sehingga menjadi muslimah yang salehah. Hasil didikan orang tua akan berpengaruh pada perkembangan anak kedepannya. Karena kelak ia juga akan menjadi seorang ibu dan mengajarkan kepada anak-anaknya.

Pengasuhan yang baik akan menjadikannya pribadi yang kuat seperti anak laki-laki. Bukan tidak mungkin jika suatu saat anak perempuan Anda akan menjadi pemimpin atau orang yang berpengaruh kepada negara.

Lalu, apa sajakah yang harus orang tua ajarkan kepada anak perempuannya? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Beri Pujian Bukan Hanya dari Penampilan
Pujian seperti “Aduh, rambutnya bagus sekali!” , “Bajunya cantik banget”. Hal ini cenderung berorientasi fisik dan penampilan.

Sebaiknya, Anda juga sering melontarkan pujian yang berorientasi pada keterampilan dan prestasinya. Misalnya saat dia berhasil mendapat nilai bagus di sekolah, atau ketika menyisihkan uang jajannya untuk membantu orang tidak mampu. Hal ini penting agar anak berpikir kalau penampilan fisik bukanlah segalanya.

Ajarkan Mereka Aktivitas “Laki-laki”
Jangan larang jika anak perempuan Anda senang bermain bola, memanjat, atau membantu ayahnya mencuci mobil dan menemani ke bengkel. Anak perempuan juga penting diajarkan pekerjaan yang sering disebut “pekerjaan laki-laki”.

Bukan hanya agar mereka memiliki keterampilan hidup yang mumpuni, tapi juga memiliki banyak sudut pandang dan pengalaman hidup. Hal ini juga mengajarkan kepada anak perempuan untuk lebih kuat mental seperti halnya laki-laki.

Kelola Uang
Berbicara soal uang, anak perempuan mulai bisa diajarkan untuk mengelola uang ketika diberi uang jajan. Jika biasanya diberi uang jajan harian, cobalah memberinya dalam bentuk mingguan atau bulanan.

Dengan begitu ia akan belajar mengelola agar uangnya cukup hingga akhir pekan atau akhir bulan. Keterampilan mengelola uang ini sangat dibutuhkan para anak perempuan agar nantinya mereka tidak boros, bisa menghargai pekerjaan dan uang dengan baik. (dream.co.id/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.