Pamekasan Peringkat 36 Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi

Avatar of PortalMadura.Com
Kades Diminta Transparan Kelola DD-ADD
dok. Ismail, SH.I

PortalMadura.Com, – Dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur, Kabupaten Pamekasan, Madura menduduki peringkat 36 tekait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip).

Sedangkan di Madura, Bangkalan posisi keempat, Sampang ke-26, dan Sumenep berada di peringkat 14. Sedangkan peringkat pertama di Jawa Timur adalah Kabupaten Banyuwangi, sedangkan peringkat terakhir ke-38 adalah Kabuapaten Lamongan.

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail, SH.I mengatakan, di akhir tahun ini ada penilaian dari pemerintah pusat dimana Pamekasan berada di posisi 36 terkait akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

“Dengan adanya penilaian tersebut, kinerja pemerintah Kabupaten Pamekasan masih sangat lemah, sehingga kalau dinilai angkanya adalah C kurus,” katanya, Selasa (23/12/2014).

Menurut politisi Partai Demokrat ini, ada banyak faktor yang membuat kinerja instansi pemerintah tahun ini dinilai lemah, salah satunya faktor perencanaan, capaian kinerja dan pelaporan administrasi.

“Kita tahu, pada tahun ini banyak proyek yang tidak bisa dikerjakan, itu salah satunya berpengaruh terhadap Sakip itu,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya meminta agar tahun 2015 mendatang eksekutif memperbaiki kinerjanya dan perencanaanya benar-benar matang dan penuh pertimbangan.

“Komisi I ke depan akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap semua instansi, baik dari sisi perencanaan maupun dari segi sumber daya manusia (SDM) dalam instansi tersebut,” ungkapnya. (reiza/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.