Para Orangtua, Ini 4 Tips Ampuh Ajari Anak Matematika

Avatar of PortalMadura.Com
Para Orangtua, Ini 4 Tips Ampuh Ajari Anak Matematika
ilustrasi

PortalMadura.Com – Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang disukai oleh sebagian anak-anak. Tidak jarang, orangtua pun dilanda rasa malas untuk mengajari pelajaran yang satu ini.

Selain bahasa, ternyata pelajaran matematika juga penting untuk diajarkan kepada anak Anda agar bisa menunjang karier ke depannya. Untuk itu, coba ajari anak belajar berhitung mulai dari sekarang.

Sebagai orangtua, Anda harus mencari cara yang menyenangkan agar anak suka mempelajarinya. Lalu, bagaimana caranya?.

Berikut empat cara mengajari anak agar suka pelajaran matematika:

Kenali Anak dengan Angka
Mungkin Anda merupakan orangtua yang tidak menguasai matematika tapi hindari menunjukkan itu di depan anak. Coba kenali mereka dengan angka dan mulailah berhitung dengan metode penambahan serta pengurangan. Ajari anak secara perlahan dan berusaha menjadi teman mereka saat berhitung.

Gunakan Jari Tangan dan Kaki
Cara terbaik untuk memulai pelajaran matematika dengan berhitung adalah menggunakan jari tangan dan kaki. Ajak dia bermain dengan jari-jarinya dan mulai berhitung satu sampai sepuluh.

Setelah anak sudah mulai mengerti, beralih ke benda lain yang bisa dihitung, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau mainan si kecil.

Buat Permainan
Setelah buah hati Anda bisa berhitung, buatlah permainan angka. Hal ini juga berguna untuk mengajarinya penambahan dan pengurangan sebelum meningkat menjadi perkalian atau pembagian.

Sebagai contoh, buat lingkaran di atas kertas dengan warna yang berbeda-beda sesuai usia mereka. Kemudian tulis jawaban dengan meletakkan angka di dalam lingkaran warna-warni. Minta anak menjawab soal matematika dengan memilih warna yang sudah berisi jawabannya.

Campurkan Matematika dalam Kegiatan Sehari-hari
Cara menyenangkan lain untuk mengajari anak matematika dengan mencampurkannya ke dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, ketika Anda membawakannya beberapa coklat dan es krim, coba minta anak menghitung jumlahnya bila digabungkan atau dikurangi.

Selain itu, Anda juga bisa mengajari anak berhitung dengan bermain block atau lego. Kenalkan anak dengan berbagai bentuk balok tersebut, kemudian beritahukan bagian mana yang disebut volume. Begitu pula ketika membuatkannya cake atau pizza berukuran besar. Coba biarkan mereka berhitung. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.