Para Remaja, Ini 8 Cara Terhindar dari Pelecehan Seksual

Avatar of PortalMadura.Com
Para Remaja, Ini 8 Cara Terhindar dari Pelecehan Seksual
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kasus pada anak di bawah umur akhir-akhir ini terjadi di berbagai destinasi dunia. Tentunya, hal itu menjadi kekhawatiran orangtua, terutama bagi mereka yang memiliki anak perempuan.

Kekerasan seksual memang merupakan tindakan yang tidak diinginkan oleh korban, sehingga menimbulkan kerusakan, baik itu fisik maupun mental pada korban. Biasanya, kerusakan mental yang ditimbulkan berupa rasa malu, rasa tidak berdaya, rasa tidak aman, dan rasa tersakiti.

Kendati demikian, para korban perlu menyadari, bahwa kejahatan tidak hanya terjadi karena adanya niat dari pelaku. Akan tetapi, sebab adanya kesempatan untuk melakukan kejahatan. Begitu pula dengan pelecehan seksual. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati agar dapat terhindar dari pelecehan seksual.

Berikut delapan cara menghindari pelecehan seksual:

Sikap
Sikap ini sangat berkaitan dengan keyakinan, perbuatan, atau tindakan berdasarkan pendirian yang teguh, kuat atau kokoh. Dengan demikian, setiap remaja harus memiliki sikap yang teguh terhadap setiap faktor yang berpotensi melecehkan mereka sehingga menggerogoti, menghancurkan, atau merusak kesucian diri dan masa depan.

Penampilan
Sering kali pelaku pelecehan seksual berdalih bahwa mereka terdorong untuk melakukan perbuatan tercela ini karena penampilan. Terutama penampilan remaja perempuan yang kadang-kadang seakan mengundang orang lain untuk melecehkan mereka.

Oleh karena itu, setiap remaja, terutama remaja perempuan sangat perlu sekali untuk menjaga penampilan. Berpakaian lah sesuai dengan tata krama, agar tidak mengundang sebuah perlakuan pelecehan seksual. Misalnya, dengan memakai rok mini di cafe, tentu akan mengundang hasrat dari lawan jenis untuk melakukan pelecehan seksual.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.