Para Wanita, Ini 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Masa Nifas

Avatar of PortalMadura.com
Para Wanita, Ini 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Masa Nifas
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan darah yang keluar dari rahim karena melahirkan, atau sesudahnya bisa juga sebelumnya sekitar dua hari atau tiga hari sebelum melahirkan yang keluar disertai rasa sakit. Sempurnanya darah ini keluar selama empat puluh hari.

Lalu, bagaimana hukumnya wanita dalam kondisi nifas?. Karena sama-sama merupakan pendarahan yang keluar dari dalam rahim, darah nifas juga sama dengan haid. Hal-hal yang dilarang pada saat haid, juga tidak boleh dikerjakan ketika masa nifas.

Berikut lima hal yang dilarang ketika wanita mengalami masa nifas:

Salat
Rasulullah bersabda: “Ketika mulai menstruasi (haid), tinggalkan salat”.

Tawaf
Rasulullah bersabda: “Lakukan semua apa yang perlu dilakukan ketika sedang menunaikan ibadah haji, tapi jangan melakukan tawaf mengelilingi ka'bah sebelum kamu suci kembali”.

Duduk di Dalam Masjid
Sebuah hadis mengatakan bahwa: “wanita yang sedang mengalami menstruasi seharusnya menjaga jarak dari Musala, tempat beribadah”.

Melakukan Hubungan Suami Istri
Seperti firman Allah: “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhkan diri (tidak menyetubuhi) dari wanita di waktu haid; dan jangan kamu mendekati mereka sebelum suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah padamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan yang menyucikan diri” (QS Al-Baqarah:222).

Membaca Alquran
Sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang tidak suci, haid atau nifas, untuk tidak membaca Alquran secara lisan, kecuali dibutuhkan. Berzikir, atau mengucapkan Allahu Akbar, Alhamdulillah, Subhanallah, Bismillah, mendengarkan orang membaca Alquran, berdoa, atau mengucapkan Amin atas doa orang lain, semua itu tidak dilarang. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.