Pasien Penyakit Jiwa di Sumenep Capai 587 Orang, 27 Dipasung

Avatar of PortalMadura.com
Pasien Penyakit Jiwa di Sumenep Capai 587 Orang, 27 Dipasung
Kepala Seksi PTM dan Keswa, Bidang Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Sumenep, Laos Susantina (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Hari ini merupakan . Di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, jumlah mencapai 587 orang. Dari ratusan orang itu, sebanyak 27 pasien terpaksa harus dipasung.

“Hingga saat ini jumlah pasien penyakit jiwa sebanyak 587 orang, tersebar di 27 kecamatan, baik daratan maupun kepulauan,” kata Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PTM dan Keswa), Bidang Pencegahan Penyakit (PP), Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Laos Susantina, Selasa (10/10/2017).

Laos menyatakan, untuk pasien jiwa yang harus dipasung itu telah ada penurunan dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2016, pasien jiwa yang dipasung tercatat sebanyak 40 orang, namun untuk tahun ini sebanyak 27 orang. Hal itu berkat pengobatan secara intensif yang dilakukan petugas medis.

“Penanganannya langsung dilakukan oleh tim medis di masing-masing Puskesmas dan ada satu dokter spesialis jiwa di RSD Moh Anwar Sumenep,” ucapnya.

Ia menyampaikan, daerah terbanyak pasien jiwa yang dipasung berada di Kecamatan Batang-batang yakni 4 orang. Pada tahun sebelumnya, Kecamatan Pasongsongan juga dominan, namun tahun ini sudah sedikit.

“Kendalanya, keluarga pasien enggan mengambil obat ke Puskesmas dan keluarga pasien juga kadang-kadang tidak mau mengantar pasien jiwa itu ke Puskesmas,” paparnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.