Pembinaan Seni Belum Fokus, Disporabud Ogah Sebut Anggaran

Avatar of PortalMadura.Com
Pembinaan Seni Belum Fokus, Disporabud Ogah Sebut Anggaran
dok. Gerbang Salam Pamekasan

PortalMadura.Com, – Pembinaan seni di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur belum maksimal lantaran kurang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disporabud) Pamekasan, Mohammad mengatakan, pihaknya tidak mengetahui pasti perihal pembinaan seni selama ini. Sebab, pembinaan seni secara teknis dipasrahkan kepada dewan kesenian kabupaten yang telah ditunjuk.

“Kami tidak ada pembinaan secara langsung, tapi kami sifatnya kan fasilitator. Termasuk pelaku-pelaku seni yang dalam hal ini diwakili oleh dewan kesenian. Kita tidak ada pembinaan khusus,” ungkapnya, Senin (9/5/2016).

Ia mengakui jika pihaknya sering mengirim kegiatan festival atau kejuaraan seni dari tingkat regional maupun nasional. Namun, pembinaan seni selama ini tidak fokus pada satu jenis kesenian saja dengan dalih instansinya hanya sebagai fasilitator.

“Kami tidak ada, misalnya pembinaan seni tari, seni tarik suara karena kami menfasilitasi saja. Termasuk seni musik, tapi kan beberapa kegiatan seni musik itu sudah kerja sama dengan dewan kesenian,” tandasnya.

Ditanya soal untuk pembinaan kesenian, Mohammad mengaku tidak ada anggaran. Hanya saja, pihaknya mengusulkan dewan kesenian untuk mendapatkan dana agar bisa mengadakan pembinaan seni. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.