PortalMadura.com

Pengen Liburan Anda Aman Saat Berkendara? Jangan Lupa Periksa Lima Cairan Ini

  • Kamis, 29 Desember 2016 | 15:00
Pengen Liburan Anda Aman Saat Berkendara? Jangan Lupa Periksa Lima Cairan Ini
Loading...

PortalMadura.Com – Menjelang tahun baru, sebagian masyarakat memanfaatkan waktu liburnya untuk pergi jalan-jalan, entah bersama pasangan ataupun keluarga.
Dalam mempermudah perjalanan, tak sedikit dari mereka memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Kenyamanan mobil menjadi hal utama dalam memberikan rasa aman saat perjalanan jauh. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk terjadi, ada hal yang harus diperhatikan mengenai cairan-cairan pada mobil. Sebagaimana menurut Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman dikutip dalam VIVA.co.id (28/12/2016) mengatakan,

“Perlu dicek satu-satu kondisinya. Apakah perlu dilakukan pengisian, jika berkurang atau diganti jika kondisinya tidak baik,”

Ada lima jenis cairan di mobil yang perlu diperhatikan sebelum mobil digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Lantas apa saja kelima cairan di mobil yang patut diperhatikan itu? Berikut ini simak secara lebih lanjut :

Oli Mesin
Oli mesin berfungsi membuat performa dapur pacu menjadi optimal. Bila pelumasan dalam mesin tidak baik, maka performa mesin mobil menyebabkan mesin tak bekerja dengan optimal. Alangkah lebih baiknya, cek oli dengan stik oli mesin.

Said Abdullah

Minyak Rem
Cek ketinggian minyak rem dan pastikan berada pada posisi maksimum. Jika kurang, segera lakukan penambahan. Periksa juga kampas rem untuk memastikan tak ada kebocoran minyak rem.

Air Aki
Untuk mobil yang menggunakan aki basah, sebaiknya periksa kondisi dan volume air aki sebelum bepergian jauh. Aki yang berkurang airnya dapat merusak sistem kelistrikan. Saat volume air berkurang maka tambahkan air aki agar perawatan mobil lebih maksimal.

Air Wiper
Air wiper memiliki peran menjaga kebersihan kaca depan melalui semprotan wiper washer. Tidak adanya air untuk membersihkan kaca dapat menyulitkan pengendara saat kaca depan kotor dan mengurangi visibilitas berkendara.

Air Radiator
Cek volume air pada reservoir radiator untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan pendingin mesin. Bila reservoir radiator kosong, bisa membuat kerepotan bila menghadapi kemacetan panjang di jalan. (viva.co.id/putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional