Pengepul Barang Rongsokan di Sampang Merugi

Avatar of PortalMadura.Com
Barang Rongsokan
Barang Rongsokan

PortalMadura.Com, – Para pengepul di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur merugi. Ini disebabkan, para pengusaha di Surabaya mulai mendatangkan barang-barang bekas dari luar negeri.

Fitri Purnama Sari (21), salah seorang pengepul barang rongsokan di Sampang mengungkapkan, sejak satu bulan terakhir, ada penurunan barang rongsokan. Kisarannya, Rp200 – Rp2.000 perkilogram (kg).

“Harga kardus dari pemulung Rp1.600/kg, harga setor ke pengusaha Surabaya Rp1.300/kg. Sudah jelas rugi Rp300 dari harga barang. Belum biaya tenaga kerja dan transportasinya,” terangnya, Selasa (10/3/2015).

Harga botol/gelas air mineral bekas perkilogram semula Rp7.000 harga setor Rp5.000/kg. “Penuruan harga sampai Rp2.000/kg. Harga besi juga sama. Saya sudah jelas rugi Rp2.000/kg untuk harga barang,” katanya.

Ia mengaku tidak mungkin menghentikan usahanya sebagai pengepul barang rongsokan. “Kasian kan mas pada pemulung. Disisi lain, juga perlu menyelamatkan lingkungan,” ujarnya.

Barang rongsokan yang selama ini dihimpun dari pemulung merupakan anggota koperasi pemulung di Sampang. Setiap pekan mampu mengirim barang bekas, berupa kertas sebanyak 8 ton, plastik 1 ton.(dedet/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.