Pengerukan Kali Marengan Terkendala Bangunan Rumah Warga

Avatar of PortalMadura.Com
Pengerukan Kali Marengan Terkendala Bangunan Rumah Warga
dok. Bersih-Bersih Kali Marengan

PortalMadura.Com, – Pengerukan , Sumenep, Madura, Jawa Timur terkendala ratusan bangunan rumah warga di pinggir kali. Akibatnya, alat berat tidak bisa masuk ke lokasi.

“Alat berat tidak bisa masuk untuk pengerukan, karena terkendala bangunan rumah warga,” ungkap Eri Susanto, Kepala Dinas PU Pengairan, Pemkab Sumenep, Senin (9/2/2015).

Eri Susanto menerangkan, ratusan bangunan rumah warga tegak berdiri disepanjang kali mulai pasar kayu, Desa Pabian hingga jembatan Marengan Daya, Kecamatan Kota Sumenep.

“Normalisasi kali marengan ini memerlukan alat berat, tapi karena alat berat tidak bisa masuk, ya kami hanya mengerjakan dengan manual seperti cangkul, tapi tidak maksimal,” ujarnya.

Eri juga mempertanyakan legalitas bangunan rumah warga yang ada di pinggir kali itu, sebab sesuai aturan, bangunan rumah tidak boleh terlalu dekat dengan kali.

“Sejumlah bangunan rumah warga sudah memiliki sertifikat. Padahal seharusnya tidak boleh,” paparnya.

Tidak dikeruknya kali marengan ini menyebabkan air meluap ke rumah-rumah warga disaat terjadi hujan disekitar Kota, sebab Kali Marengan ini merupakan penampungan air dari Kota. (arifin/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.