PortalMadura.com

Pengrajin Seni Ukir Karduluk Pertanyakan Keseriusan Event Visit Sumenep 2018

  • Kamis, 6 Juli 2017 | 19:12
Pengrajin Seni Ukir Karduluk Pertanyakan Keseriusan Event Visit Sumenep 2018
Pengrajin Ukiran (Istimewa)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengrajin seni ukir Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kecewa dengan event yang dirancang Pemkab setempat.

Karduluk yang dikenal dengan sentra produksi ukiran Madura sempat dijadwalkan menjadi tempat “Gerakan Sumenep Mengukir” dengan target tembus MURI tahun 2016, namun tidak terlaksana.

“Saat itu gagal tanpa alasan yang jelas. Padahal, kami sudah siap semuanya. Kami memang kecewa. Tahun 2017 ini, kembali dijadwal melalui sebaran brosur kegiatan. Tapi, tidak ada koordinasi ke kami. Ini kan agenda abal-abal namanya,” kata penggagas dan panitia Gerakan Sumenep Mengukir, As’adi, pada PortalMadura.Com, Kamis (6/7/2017).

Dijelaskan, pada tahun 2016, agenda itu ada diurutan 30 dari semua event yang akan digelar Pemkab. Tahun ini, ada lagi di brosur yang serupa di nomor urut 7. “Ini benar gak ya. Kami tidak pernah diajak komunikasi. Bahkan, kami sempat bertanya kepada kepala desa, bilangnya juga tidak tahu juga,” ujarnya.

Kapolres Sumenep

Pria yang juga pegiat seni dan budaya ini berharap pada pemerintah daerah agar setiap kegiatan yang akan melibatkan masyarakat hendaknya dikomunikasikan terlebih dahulu. “Jangan hanya bisa membuat jadwal event, apalagi tidak terlaksana. Ini kan kelihatan kalau perencanaan itu amburadul,” tandasnya.

Sementara, Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto, menjelaskan, sampai saat ini, pihaknya tidak mengeluarkan agenda event 2017. “Semuanya masih dalam taraf dikomunikasikan dengan bapak bupati. Kalau sudah final baru akan dikomunikasikan dengan banyak pihak,” dalihnya.

Bahkan, rencana kegiatan Sumenep mengukir tetap akan dilaksanakan jika semuanya sudah klir. “Saat ini, kami fokus pada persiapan Visit Sumenep 2018. Ya, termasuk event Sumenep mengukir yang masih digodok,” tandasnya.(Hartono)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional