Peningkatan Kapasitas Pendidik Paud, Ini Yang Dilakukan Diknas Bangkalan

Avatar of PortalMadura.Com
Peningkatan Kapasitas Pendidik Paud, Ini Yang Dilakukan Diknas Bangkalan
Sosialisasi Dapodik Diknas Bangkalan

PortalMadura.Com, - Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, melakukan sosialisasi aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).

Acara yang dilaksanakan di Kecamatan Klampis tersebut, untuk memperbaharui data yang disingkronisasi dengan sistem dari tahun sebelumnya, sehingga semua data pendidik dan peserta didik secara otomatis akan terdaftar di Kementerian Pendidikan.

“Semua data guru dan siswa itu kan sekarang ada di Dapodik, jadi untuk mevalidasi dan sinkronisasi data itu harus diperbaharui dari sistem tahun sebelumnya,” terang Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (PNF), Dinas Pendidikan Bangkalan, Jufri Kora, Selasa (19/9/2017).

Acara yang diikuti oleh beberapa operator Paud itu, juga menjadi tolak ukur bagi semua lembaga, sebab dalam Dapodik, juga memuat data lengkap pendidik, mulai dari berpagai aspek yang meliputi kompetensi tenaga pendidik dan prestasi guru lainnya.

“Jadi nanti, semua data yang berkaitan dengan pendidikan di masing-masing lembaga, nanti langsung terekam di pusat, semuanya, termasuk kompetensinya, akan terekam di sana,” terangnya.

Dia berharap, dengan kegiatan tersebut, akan berimplikasi terhadap dunia pendidikan, khususnya guru-guru Paud, mengingat Dapodik tersebut menjadi acuan bagi guru, seperti kesejahteran dan peningkatan lainnya.

“Makanya, kedepan guru guru Paud ini akan tergerak untuk meningkatkan kapasitasnya, kompetensinya, sehingga kualitas peserta didik akan terwujud seperti yang diharapkan bersama,” ucapnya.

Rencananya, sosialisasi tersebut akan dilaksanakan di semua kecamatan di Bangkalan, dengan melibatkan semua operator dapodik tingkat PAUD.(Hamid/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.