Penting Dibaca! Ini 5 Dampak Buruk Akibat Kurang Olahraga

Avatar of PortalMadura.Com
Penting Dibaca! Ini 5 Dampak Buruk Akibat Kurang Olahraga
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sekarang ini sudah memasuki musim hujan, tapi bukan berarti Anda harus berhenti dan malas untuk berolahraga. Karena, olahraga yang teratur telah terbukti bisa mencegah berbagai penyakit, selain diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan Anda, jika Anda kurang berolahraga maka bisa merugikan kesehatan. Maka dari itu, Anda harus rajin berolahraga agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Berikut lima hal yang akan terjadi pada tubuh Anda, jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga:

Ngidam Junk Food
Bagi Anda yang jarang atau bahkan tidak pernah olahraga rata-rata tidak mempedulikan apa pun yang disantapnya. Entah makanan tersebut sehat atau tidak, yang penting rasanya enak dan Anda suka.

Misalnya, pada junk food yang sering kali rasanya membuat nagih, tapi sebenarnya tidak sehat bagi tubuh. Anda yang jarang olahraga membuat Anda lebih sering ngidam junk food.

Tidur Tidak Nyaman
Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa satu dari tiga orang dewasa di Amerika Serikat tidak memiliki waktu istirahat yang cukup dan membuatnya selalu merasa gelisah pada malam hari.

Perlu diketahui, untuk mengatasi masalah tidur ini. Cara terbaiknya adalah dengan olahraga secara teratur. Olahraga sudah terbukti meningkatkan kualitas tidur seseorang, mengontrol berat badan, memperbaiki kesehatan dan banyak lagi manfaat baik dari olahraga secara teratur.

Cepat Lelah
Olahraga secara teratur dapat melatih fungsi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) jadi lebih baik meningkatkan kesehatan paru-paru.

Bagi Anda yang sudah terbiasa olahraga secara teratur tidak akan mengalami cepat lelah, karena kapasitas olahraga tersebut dapat membuat tubuh lebih baik dalam menyerap oksigen sehingga tidak membuatnya cepat lelah.

Metabolisme Tubuh Melambat
Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan melambat. Namun, Anda bisa menghindari masalah ini dengan olahraga secara teratur di usia produktif. Penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi metabolisme.

Cepat Pegal
Semakin sering anggota tubuh bergerak aktif, maka dapat menghindari cedera otot ringan seperti pegal, terkilir, dan keram jika melakukan aktifitas dadakan seperti mengejar angkutan umum, berlari karena terlambat ke kantor dan kegiatan sehari-hari yang perlu kekuatan fisik.

Jika Anda rajin olahraga, fungsi otot akan bekerja maksimal, lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kondisi gerakan mendadak serta meningkatkan kebugaran fisik. (okezone.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.