Penting! Ini 7 Penyebab Jerawat yang Tak Kunjung Sembuh

Avatar of PortalMadura.Com
Penting! Ini 7 Penyebab Jerawat yang Tak Kunjung Sembuh
ilustrasi

PortalMadura.Com – tentu saja sangat mengganggu penampilan, apalagi bekasnya yang sulit dihilangkan. Banyak produk yang bisa digunakan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat.

Namun jika jerawat masih sering muncul dan meradang, bisa jadi ada beberapa kebiasan yang tanpa sadar Anda lakukan dan malah membuat jerawat tetap betah dan tidak kunjung hilang. Apa saja?.

Berikut ulasannya:

Menggunakan Produk Berbahan Aktif Secara Berlebihan
Sebagian jenis kulit wanita Indonesia cenderung rentan mengalami hiperpigmentasi. Kondisi ini akan semakin rentan terjadi jika Anda menggunakan obat jerawat berbahan aktif, misalnya seperti benzoyl peroxide.

Penggunaan benzoyl peroxide yang berfungsi untuk mengatasi jerawat memang disarankan, namun kulit pun jadi semakin sensitif dengan paparan sinar UV. Biasanya setelah jerawat mengering, bekas jerawat akan meninggalkan noda hitam atau kemerahan yang umumnya sulit menghilang dan memakan waktu berbulan-bulan untuk kembali pada warna kulit semula.

Coba seimbangkan penggunaan obat jerawat dengan produk sunscreen dengan SPF tinggi dan bersifat broad spectrum, lalu gunakan produk jerawat berbahan aktif dengan takaran secukupnya saja untuk mencegah kulit dari dehidrasi yang malah dapat memicu timbulnya jerawat baru.

Selalu Menyentuh Jerawat
Kebiasaan menyentuh wajah atau bahkan jerawat malah bisa membuat bakteri yang ada di tangan berpindah ke kulit wajah, lho. Coba hindari kebiasaan ini dengan memanfaatkan acne patch.

Selain itu, saat jerawat sudah terlihat matang jangan tergoda untuk memencetnya, ya. Karena jika tidak dilakukan dengan benar dan higienis, Anda malah memicu timbulnya jerawat baru, bahkan meninggalkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

Melupakan Produk Skin Care Lain
Saat mengobati jerawat, wajar saja jika Anda akan fokus pada area yang berjerawat hingga melupakan berbagai produk lain yang harus tetap diaplikasikan. Padahal produk perawatan wajah lain seperti sunscreen dan pelembap bisa membantu proses penyembuhan jerawat jadi lebih efektif.

Selain selalu melindungi kulit dengan sunscreen setiap kali beraktivitas di luar ruangan, Anda juga perlu menjaga kelembapan kulit wajah, agar jerawat baru tidak muncul serta menjaga kondisi kulit yang rentan kering akibat penggunaan obat jerawat.

Mengikuti DIY Treatment Tanpa Riset
Berbagai bahan yang ada di dapur tidak selalu aman untuk kulit wajah lho, bahkan apa yang baik dikonsumsi secara oral tidak menjamin kandungan tersebut aman saat diaplikasikan secara topikal. Jangan langsung mengikuti resep DIY treatment secara mentah-mentah, ya.
Coba ketahui dulu efek samping dan jika perlu tanyakan pada dokter ahli mengenai aman tidaknya bahan tersebut. Sebaiknya perbanyak referensi dengan membaca media seputar kecantikan yang terpercaya dibandingkan asal mengikuti DIY treatment dari blog personal maupun pinterest.

Hanya Fokus Pada Area yang Berjerawat Saja
Saat jerawat meradang tentu ada kecenderungan Anda hanya fokus pada area yang dihinggapi jerawat saja, rutin mengolesi spot treatment sekaligus memerhatikan kondisi area yang berjerawat secara rutin. Tapi jangan sampai lupa merawat area wajah lainnya ya.

Jaringan sel di bawah kulit saling berhubungan satu sama lain, kalau Anda hanya fokus mengobati jerawat bisa jadi ada beberapa area lain yang sebenarnya sudah memperlihatkan tanda munculnya jerawat namun tidak Anda sadari.

Kurang Konsisten Menangani Jerawat
Berdasarkan sebuah studi di University of Colorado Hospital, Amerika Serikat, proses perawatan jerawat membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk melihat hasil dari perawatan jerawat yang Anda lakukan.
Nah sayangnya kebanyakan wanita tidak terlalu konsisten dan cenderung berpindah menggunakan obat baru atau perawatan lain sebelum 6 minggu. Padahal untuk mengobati jerawat dibutuhkan konsistensi terutama dalam melakukan perawatan wajah.

Malas Berkonsultasi dengan Dermatologi
Jika sudah melewati masa 6 minggu namun jerawat tidak kunjung mereda atau bahkan kulit terlihat semakin meradang, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter ahli atau klinik perawatan kulit untuk mengonsultasikan keluhan Anda.

Hal ini tentu lebih aman dan efektif dibandingkan harus mencoba berbagai skin care lain yang kemungkinan malah menambah parah perdangan jerawat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.