PortalMadura.com

Penyimpanan Internal Android Penuh? Ini Trik Jitu Atasinya

  • Senin, 6 Maret 2017 | 15:00
Penyimpanan Internal Android Penuh? Ini Trik Jitu Atasinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi para pengguna smartphone yang aktif dengan berbagai macam aplikasi didalamnya tentu membutuhkan penyimpanan internal yang cukup besar untuk mengisi fitur yang diinginkan. Akan tetapi setiap android memiliki kapasitas masing-masing sehingga banyak para pengguna yang kebingungan saat ingin mendownload aplikasi sedangkan memori penyimpanan tidak cukup.

Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah tingginya tingkat resolusi foto atau video yang otomatis menambah besar ukuran file gambar tersebut.
Nah, jika Anda merasa kurang dengan kapasitas memori pada smartphone yang digunakan saat ini maka Anda jangan khawatir kapasitas memori smartphone menjadi penuh. Karena berikut ini ada beberapa tips untuk memaksimalkan penyimpanan internal di Android. Penasaran bagaimana caranya?. Yuk intip penjelasannya:

Jangan Instal Aplikasi yang Tidak Diperlukan
Bagi Anda yang memiliki kapasitas yang besar, mungkin tips ini tidak terlalu berguna. Tapi berbeda dengan Anda yang memiliki kapasitas kecil. Jangan instal/pasang aplikasi atau game yang tidak terlalu diperlukan, apalagi yang memakan memori sangat banyak.

Jadi sebelum menginstal aplikasi atau game, alangkah lebih baiknya dipikirkan terlebih dahulu kegunaan dari aplikasi tersebut. Selain memakan memori penyimpanan, juga memakan kuota data jika kamu men-download nya menggunakan jaringan seluler.

Gunakan Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
Mungkin sebagian dari Anda masih awam dengan penyimpanan awan (cloud storage). Penyimpanan awan ini memanfaatkan memori penyimpanan yang dimiliki server. Untuk menggunakan penyimpanan awan, Anda diharuskan untuk mengunggah/upload file yang akan Anda simpan ke cloud storage.

Advertisement
Iklan Murah

Bersihkan Junk File/File Sampah
Setiap Anda berseluncur didalam Internet dan menginstal aplikasi, pasti akan menghasilkan junk file atau file sampah yang akan memperlambat kinerja smartphone Anda karena penyimpanan internal diisi oleh file-file sampah yang sama sekali tidak ada kegunaan bagi sistem ataupun penggunanya.

Hapus File yang Tidak Diperlukan
Sama seperti tips nomor 1, yaitu menghapus sesuatu yang tidak diperlukan. Tips ini lebih mengarah kepada file-file yang tidak diperlukan, namun masih tersimpan didalam memori penyimpanan smartphone Anda.

Matikan Auto-Download dari Aplikasi Chatting
Selanjutnya yaitu mematikan fitur auto-download aplikasi chatting seperti Whats App dan Blackberry Messenger. Fitur auto-download ini adalah fitur yang disediakan oleh aplikasi chatting agar penggunanya tidak perlu lagi men-download file seperti gambar secara manual. Fitur ini sangat jarang diperhatikan oleh pengguna karena merasa bermanfaat.

Cara mematikan Auto-Download BBM yaitu, buka aplikasi BBM, lalu klik icon garis tiga dipojok kiri atas dan pilih Setelan. Kemudian pilih umum dan hilangkan centang pada simpan gambar.

Sedangkan cara mematikan Auto-Download pada Whats App yaitu buka Aplikasi Whats App, klik icon titik tiga dipojok kanan atas dan pilih Setelan. Kemudian pilih penggunaan data lalu klik “Saat menggunakan data seluler”. Hilangkan semua tanda centang pada Foto, Audio, Video dan Dokumen. Terakhir klik oke.

Turunkan Resolusi Foto dan Video dari Kamera
Tips terakhir yaitu menurunkan resolusi foto dan video dari kamera, semakin tinggi resolusi kamera yang digunakan saat mengambil gambar maka semakin besar pula memori yang dipakai untuk gambar tersebut.

Beberapa tips tersebut dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan penggunaan kapasitas penyimpanan internal agar tidak di isi oleh file yang kurang berguna. Tips ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal kecil. Semoga bermanfaat. (viva.co.id/Putri)

Advertisement
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional