Pesantren Hamka Terima Beasiswa Baznas

Avatar of PortalMadura.com
Pesantren Hamka Terima Beasiswa Baznas
Beasiswa

PortalMadura.Com – Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka melalui Ketua Yayasan Wawasan Islam Indonesia (YWII), Dr. H. Jasrial M. Pd, menerima bantuan pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo SE, Ak, MBA, sebesar Rp 170 juta.

Penyerahan tersebut diselenggarakan pada acara Seminar Sehari Refleksi Pemikiran Hamka dan Peletakan Batu Pertama Gedung Baru SMP, SMA, Asrama, dan Masjid Hj. Juliana, di Aula Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang, (25/3/2017) di kawasan Aiapacah, Kota Padang.

“Ini merupakan bantuan awal untuk PMT. Prof. Dr. Hamka yang kontinuitasnya tergantung prestasi penerima beasiswa. Jika prestasi bagus, tentu akan tetap dilanjutkan, namun jika tidak bagus, bantuan akan diberhentikan. Hal ini juga sebagai bentuk sanitasi untuk para santri di pondok-pondok pesantren, untuk menunjang kemajuan pendidikan mereka,” ujar Kepala BAZNAS saat menyampaikan kata sambutannya di acara yang dihadiri oleh Buya Syafi'i Ma'arif, Kepala BNPT, Gubernur Sumatra Barat, Walikota Padang, H. Yendra Fahmi, dan tokoh-tokoh besar lainnya baik dari kalangan politisi maupun akademisi.

Beasiswa ini dialokasikan kepada santri yang dianggap membutuhkan bantuan tersebut untuk menunjang pendidikan mereka.

Selain memperoleh bantuan pendidikan, Pesantren Hamka juga memperoleh bantuan pembangunan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dialokasikan untuk gedung SMP dan SMA, dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pembangunan rusunawa, serta sumbangan dari H. Yendra Fahmi untuk pembangunan masjid yang diberi nama Hj. Juliana.

Untuk itulah, diadakannya acara seminar dan peletakan batu pertama ini. Buya Ahmad Syafi'i Ma'arif hadir sebagai peletak batu pertama didampingi Kepala BNPT, Komjenpol Drs. Suhardi Alius, M.H, Kepala BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo SE, Ak, MBA, dan Gubernur Sumatra Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, P. Si, M. Sc, serta H. Yendra Fahmi selaku donatur masjid. Selain itu, juga didampingi oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Eka Putra Wirman, Lc.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan juga kepada H. Yendra Fahmi atas bantuan pembangunan ini. Kepada BAZNAS atas bantuan beasiswa. Juga kepada Kepala BNPT yang telah bersedia membuka acara ini secara resmi, dan kepada Buya kita, Buya Syafi'i Ma'arif selaku Ketua Pembina YWII yang hadir untuk menjadi peletak batu pertama. Semua ini sebagai upaya kita dalam membesarkan nama Hamka,” ungkap Dr. H. Jasrial M. Pd.

Acara seminar dan peletakan batu pertama yang dikemas bersama acara Seminar Sehari Refleksi Pemikiran Hamka ini disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah Kota Padang dan pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

“Dengan dibangunnya gedung baru Pesantren Hamka di Kota Padang, maka bertambahlah jumlah pesantren yang berada di Kota Padang menjadi 13 pesantren, yang kesemuanya di-backup oleh pemerintah kota. Kami menyambut dengan sangat-sangat baik momen ini,” papar Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, SP. (laloran Yusrina Sri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.