Peserta UN Capai 15.454 Siswa SMP di Sampang

Avatar of PortalMadura.Com
Peserta UN Capai 15.454 Siswa SMP di Sampang
Ist.Net

PortalMadura.Com, – Sebanyak 15.454 pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama () sederajat di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, bakal mengikuti Ujian Nasional () yang berlangsung secara serentak mulai 9 Mei hingga 12 Mei 2016.

Data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang, ribuan pelajar yang bakal mengikuti UN adalah, 8. 970 asal SMP, sementara 6. 484 siswa lainnya dari lembaga MTs.

Kepala Disdik Sampang, Heri Purnomo melalui Kabid Kurikulum Arief Budiansor mengatakan, ribuan siswa yang bakal mengikuti UN tersebut berasal dari 443 lembaga sekolah, dengan rincian 218 tingkatan SMP, 225 tingkatan MTs.

“Untuk penyelenggaranya 95 untuk SMP dan 73 untuk MTs,” terang Arief dihubungi via seluler. Minggu (8/5/2016).

Dia menjelaskan, seperti pelaksanaan UN sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sampang tidak menargetkan jumlah kelulusan, namun lebih menekankan pada lulusan yang berkualitas.

Hal ini dikarenakan pemerintah pusat telah menetapkan bahwa UN kali ini bukan menjadi persyaratan mutlak kelulusan siswa.

“Nilai ujian bukan menjadi penentu kelulusan, tetapi kita nilai sejak awal siswa mengikuti pendidikan dengan artian siswa sudah mempersiapkan diri sejak awal masuk sekolah,” katanya.

Namun, lanjut dia, meski UN bukan dijadikan syarat mutlak kelulusan, siswa diingatkan agar tidak menyepelekan, atau melakukan kecurangan saat mengikuti UN. Karena untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, siswa harus mendapatkan nilai yang terbaik agar diterima.

“Ujian nasional kali ini mengedepankan kejujuran dan kemampuan siswa dalam mempersiapkan diri untuk lulus ujian akhir,” pungkasnya. (lora/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.