PortalMadura.com

Pesona Desa Wisata Semaan : Bato Cenneng

  • Selasa, 7 Oktober 2014 | 00:07
Pesona Desa Wisata Semaan : Bato Cenneng
Pesona Desa Wisata Semaan "Bato Cenneng" Di Kecamtan Dasuk. (Iril)

PortalMadura.Com – Tak ada yang menyangka jika di Kecamatan Dasuk terdapat satu desa wisata yang menawarkan ragam pesona yang begitu menakjubkan. Desa Semaan, demikian nama Desa Wisata yang berada di Kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura Jawa Timur. Memang selama ini sedikit informasi yang menyajikan tentang keberadaan desa wisata yang berada di Kecamatan Dasuk.

Ekplorasi Desa Wisata Semaan beberapa hari yang lalu dilakukan oleh teman-teman dari Komunitas Songennep Tempo Doeloe, Blogger Nusantara, serta komunitas blogger Madura Plat-M. Dengan diantarkan rekan-rekan dari Alomampa Songennep, ekplorasi terhadap pesona wisata Desa Semaan dimulai. Kehadiran tim ekplorasi gabungan dari berbagai komunitas ini disambut dengan meriah oleh masyarakat setempat. Keramahan masyarakat Madura benar-benar dirasakan pada saat tim pertama kali sampai dilokasi ini.

Berbagai jenis aspek wisata dapat kita nikmati ketika kita berkunjung ke Desa Wisata Semaan. Salah satunya adanya keberadaan wisata alam “bato cenneng”, yang terdiri dari dua buah batu berukuran besar dan terletak di perbukitan yang berada di Desa Semaan.

Keunikan dari bato cenneng terletak pada suara yang dihasilkan saat dipukul, suara menyerupai suara yang tercipta dari pukulan benda-benda yang terbuat dari logam. Dan setiap berpindah lokasi batu yang dipukul, maka suara yang keluar juga berbeda, sekana memiliki notasi atau tangga nada yang berbeda. Sehingga masyarakat sekitar memberi nama batu tersebut dengan sebutan “Bato Cenneng”.

Pesona Desa Wisata Semaan 3

Sejumlah warga tengah melaksanakan upacara adat “pojien toa” (iril)

Sementara itu masyarakat Desa Semaan menggunakan bato cenneng sebagai tempat melaksanakan upacara adat “pojien toa”.Upacara adat ini dilakukan oleh anak-anak yang melakukan tarian sambil membacakan doa sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas karunia Sang Pencipta

Namun keberadaan lokasi wisata ini tidak banyak yang diketahui karena minimnya informasi tentang keberadaan desa wisata ini.

Pesona Desa Wisata Semaan 3

Pintu masuk menuju bato Cenneng. (iril)

Menurut Andi (33) penggiat wisata desa Semaan selama ini publikasi terhadap keberadaan wahana wisata bato cenneng tidak pernah ada. Sehingga untuk melakukan publikasi dan penyampaian informasi dari lokasi wisata ini warga sekitar memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk menyampaikan informasi.

Selama ini belum ada promosi tentang keberadaan desa wisata ini, kami secara mandiri memanfaatkan internet untuk proosi” ungkap Andi (33) salah satu warga yang juga berprofesi sebagai guru.(Iril/Deny)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
BAZNAS sumenep
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional