Petani Garam Rakyat Siap-siap Terima Bantuan Geomembran

Avatar of PortalMadura.Com
Petani Garam Rakyat Siap-siap Terima Bantuan Geomembran
dok. Lahan garam Sumenep

PortalMadura.Com, – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur merupakan satu dari 9 kabupaten se Indonesia yang diproyeksikan menjadi kawasan minapolitan garam oleh Kementerian Kelautan. Dan Sumenep mendapatkan bantuan berupa geomembran dari Kementerian Kelautan.

“Tahun ini kami mendapatkan bantuan geomembran yang akan diberikan kepada petani garam. Bantuan itu untuk menunjang produksi garam rakyat,” kata Moh Jakfar, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumenep, Sabtu (23/8/2014).

Jakfar memaparkan, bantuan berupa geomembran itu sepanjang 30 roll yang akan dibagi-bagikan kepada kelompok tani garam. “Nanti akan dibagikan ke kelompok yang belum pernah mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Bantuan geomembran itu untuk meningkatkan produktifitas, kualitas garam rakyat di Sumenep, agar harga bisa bersaing dengan daerah lain. “Realisasinya masih menunggu pembahasan APBD Perubahan,” tuturnya.

Data di Dinas Kelautan dan Perikanan Sumenep, luas lahan garam rakyat mencapai 2.068 hektar. Sedangkan kelompok petani garam sebanyak 366 kelompok.

“366 kelompok itu nanti yang akan diverifikasi, yang memenuhi syarat mendapatkan bantuan,” pungkasnya.(arif/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.