Praktisi Hukum, Saatnya Polri Benahi SDM Penyidik

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Hari Bhayangkara ke 69 yang jatuh pada 1 Juli 2015, merupakan momentum untuk Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur membenahi sumber daya manusia (SDM) penyidik, sebab selama ini SDM penyidik utamanya Sumenep dinilai perlu peningkatan.

Pengamat Hukum Sumenep, Ach Novel mengungkapkan, kinerja Polri sejak Orde Baru hingga Reformasi ini, secara pengawasan internal memang sudah ada perbaikan, namun sumber daya manusia (SDM) penyidik masih sangat jauh dari harapan masyarakat.

Salah satu bukti, ada beberapa item dalam sistem penyidikan Polri masih banyak melakukan pendekatan kesalahannya, bukan melihat objektifitas pemeriksaan kemudian bagaimana yang harus dilakukan sesuai hukum secara utuh.

“Rendahnya SDM berdampak pada keputusan hukum, yang tidak salah menjadi salah karena pendekatannya sudah pendekatan kesalahan, bukan pendekatan hukum secara utuh,” kata Novel, Rabu (1/7/2015).

Ia menilai, agar proses hukum benar-benar sesuai yang diharapkan filosofinya, SDM penyidik Polri termasuk di Sumenep harus di benahi, kemudian membuat lembaga Polri bukan yang menakutkan sehingga pemberlakuan proses hukum yang sebenarnya.

“Kalau tidak segera di benahi, proses hukum di polri akan terus seperti sekarang ini,” ujarnya.

Ia menyatakan, akibat rendahnya SDM, di Jawa Timur termasuk Sumenep, yang tidak layak diangkat menjadi kasus justru diangkat menjadi kasus, dan yang layak diangkat menjadi kasus justru tidak bisa membuktikan kasus itu.

“Kalau kerugian Rp20-50 juta itu sebenarnya tidak layak dijadikan kasus, harus melalui pendekatan penyelesaian persoasif, meski hukum tidak mengatur seperti itu, tapi sebenarnya filosofi hukum, itu yang diharapkan,” tegasnya.

Untuk meningkatkan SDM Polri, lanjutnya, harus ada anggaran khusus dan perlu fit and proper test bagi calon penyidik.

“Mungkin lebih baik ada fit and proper test bagi calon penyidik agar penanganan kasus benar-benar sesuai filosofi hukum, tidak hanya pendekatan kesalahan yang digunakan,” tegasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.