PortalMadura.com

Pria Islam, Ini 5 Manfaat Memelihara Jenggot Bagi Kesehatan

  • Minggu, 25 September 2016 | 17:00
Pria Islam, Ini 5 Manfaat Memelihara Jenggot Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memelihara jenggot merupakan salah satu sunah Rasulullah yang dianjurkan kepada umat muslim yang laki-laki. Pada zaman sahabat, jenggot digunakan sebagai alat pembeda antara kaum muslimin dengan musyrikin ketika peperangan.

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar, bahwa Rasulullah bersabda: “Berbedalah kamu dengan orang-orang musyrik, peliharalah jenggot dan cukurlah kumis” (HR. Bukhari).

Namun saat ini, memelihara jenggot sudah ditinggalkan oleh umat Islam. Amalan ini kerap dianggap aneh oleh sebagian kalangan dan membuat orang merasa tidak nyaman.

Bahkan, Para peneliti menemukan bahwa jenggot bukan hanya sekedar perintah dari hukum agama, namun lebih dari itu, memelihara jenggot bermanfaat untuk kesehatan. Lebih-lebih dalam hal mencukur jenggot tersebut, ada unsur-unsur menentang fitrah dan menyerupai perempuan. Sebab jenggot adalah lambang kesempurnaan laki laki dan tanda yang membedakannya dengan perempuan.

Hal itu dibuktikan dengan penelitian Dokter Daniel G. Freeman, dari University of Chicago. Ia meneliti sekelompok mahasiswi Pascasarjana tentang perasaaan mereka terhadap pria yang berjenggot. Hasilnya, mereka mengatakan bahwa kehadiran jenggot membuat pria tampak lebih maskulin bagi perempuan, mandiri, canggih dan matang dibandingkan dengan laki-laki yang dicukur bersih.

Advertisement
Iklan Murah

Selain itu, ada manfaat lain bagi kesehatan dari rambut yang tumbuh di sekitar bibir pria itu. Berikut ini lima alasan mengapa memelihara jenggot baik untuk kesehatan:

Mencegah Kanker Kulit
Berdasarkan hasil penelitian ilmuan di University of Southern Queensland dan dipublikasikan di jurnal “Radiation Protection Dosimetry” menyebutkan, bahwa 90-95 persen paparan sinar UV dari matahari ke daerah wajah dapat terhalang dengan adanya jenggot. Hal ini akan memperlambat proses penuaan kulit dan menurunkan risiko kanker kulit.

Karena, matahari memiliki kandungan ultraviolet yang dapat membahayakan kesehatan kulit dan rentan terkena kanker kulit. Semakin tebal jenggot di wajah pria, semakin tinggi juga tingkat perlindungannya.

Menurut dermatologis ternama di London, Dr. Nick Lowe, umumnya rambut memberikan perlindungan yang bagus untuk melawan sinar matahari. Itu sebabnya, sambung dia, wanita lebih sedikit mengalami kerusakan akibat matahari jika rambut mereka menutup leher dan sisi wajah mereka.

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional