Proyek dari APBN Perubahan Diduga Dikerjakan Asal-asalan

Avatar of PortalMadura.Com
Proyek dari APBN Perubahan Diduga Dikerjakan Asal-asalan
Proyek Irigasi

PortalMadura.Com, – Pekerjaan proyek irigasi di Dusun Kendal, Desa Baruh, Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, terkesan asal-asalan.

Pekerjaan tanpa papan nama yang didanai APBN Perubahan itu, rekanan hanya mempoles irigasi yang sudah dikerjakan pada anggaran tahun sebelumnya.

Selain dugaan mark up volume, material proyek di bawah naungan Dinas PU Pengairan Kabupaten Sampang, dinilai tidak sesuai rencana anggaran biaya (RAB).

“Saya heran, kok sebagian ada yang diplester lagi. Padahal itu bangunan tahun kemarin, dan sebagian ada bangunan baru, ” kata warga setempat, Kamis (15/12/2016).

Salah satu pekerja, Sa'ir, enggan memberikan penjelasan secara detail.  “Kalau panjangnya kira-kira 115 meter, saya tidak berhak berkomentar, karena pelaksana dan pengawasnya tidak ke sini,” dalihnya.

Sementara,  Kabid Pelaksanaan Pembangunan dan Rehabilitasi (P2R) PU Pengairan Sampang Evi Hariati, terkejut dengan adanya indikasi mark up dalam pekerjaan proyek irigasi tersebut.

Selama ini, pihak konsultan maupun pengawas tidak melaporkan adanya indikasi tersebut.

“Di RAB, sepanjang 115 meter itu ada pemasangan batu dengan menggunakan batu gunung. Jika menggunakan batu sirtu dan  pasir kuning (sirtu) itu tidak boleh,” katanya.

“Apalagi tidak ada papan namanya. Sedangkan untuk pengawas ya harus mengawasi setiap hari. Dan biasanya setiap minggu ada pelaporan, tapi sampai saat ini tidak ada laporan sama sekali, sehingga kami anggap di lapangan tidak ada masalah,” katanya.

Terpisah, Konsultan pengawas proyek, Saklabeh, di hadapan Kabid P2R PU Pengairan Sampang, Evi Hariati mengelak jika pekerjaan tersebut di mark up oleh pihak rekanan.

“Tadi saya kirim foto, dan itu sudah sesuai. Terkait yang dipoles, itu permintaan warga. Kalau tidak sesuai, tidak usah dicairkan, saya kembalikan ke negara,” jelasnya.

Sumber lain menyebutkan, proyek irigasi itu merupakan salah satu proyek yang bersumber dari APBN Perubahan sebesar Rp30 miliar. Proyeknya dikemas menjadi 150 paket.

Dan pagu anggaran pengerjaan proyek irigasi di Dusun Kendal Desa Baruh, sebesar Rp199.750.000 yang dikerjakan oleh CV. Cahaya Abadi.(lora/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.