PT Garam Targetkan Serap Garam Rakyat Sebanyak 400 Ribu Ton

Avatar of PortalMadura.Com
PT Garam Targetkan Serap Garam Rakyat Sebanyak 400 Ribu Ton
Ilustrasi petani garam

PortalMadura.Com, sudah mulai melakukan pembelian . Sesuai rencana, PT Garam akan menyerap garam rakyat secara nasional sebanyak 400 ribu ton.

“Kami sudah mulai melakukan pembelian garam milik petani. Rencananya, kami akan membeli garam rakyat mulai dari Sampang, Pamekasan, kemudian Sumenep dan terus ke Jawa Tengah, dan Jawa Barat,” terang Pemasaran PT Garam, Ali Mahdi, Direktur, Selasa (26/4/2016).

Menurut Ali Mahdi, penyerapan garam tersebut tinggal menunggu kesiapan petani garam. Kalau petani garam telah siap memasukkan garamnya ke gudang, PT Garam pun siap membelinya.

“Kami posisi siap, sekarang tinggal kesiapan petani garam untuk memasukkan garamnya ke gudang kami,” katanya.

Terkait dengan harga, PT Garam mematok harga yang sangat layak. Untuk garam kualitas 1 (K1), akan dibeli dengan harga Rp 550 ribu/ ton, K2 Rp 500 ribu per ton, dan K3 Rp 430 ribu/ ton.

“Sedangkan untuk garam PS atau Putih Super, kami mematok harga Rp 625 ribu/ ton,” paparnya.

Sementara ini, lanjutnya, penyerapan dilakukan untuk garam sisa stok 2015, karena tahun ini belum masuk masa panen. Diperkirakan, sisa garam yang masih ada di petani sekitar 20 ribu ton.

“Kuota pembelian kami untuk Sumenep 43 ribu ton. Kami berharap sisa stok garam yang di petani ini bisa terserap secara keseluruhan, sambil menunggu masa panen 2016,” bebernya.

Sebelumnya, PT Garam telah menerima kucuran dana penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 300 miliar. Dari dana PMN tersebut, Rp 204 miliar diantaranya digunakan untuk menyerap garam rakyat. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.