Puskesmas Lenteng Siapkan Pos PIN Polio dan Tenaga Medis

Avatar of PortalMadura.Com
Puskesmas Lenteng Siapkan Pos PIN Polio dan Tenaga Medis
PIN Puskesmas Lenteng

PortalMadura.Com, – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) merupakan upaya yang dilaksanakan serentak secara nasional dengan tujuan untuk mempercepat pemutusan siklus kehidupan dari virus polio importan.

Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Lenteng, Sumenep, dr Rifmi Utami mengatakan, sejak dua bulan lalu telah memulai kegiatan untuk pelaksaan PIN yakni dari pendataan sasaran dengan umur 0-59 bulan yang mencapai 2.013 anak.

Lalu, perencanaan vaksin yang dibutuhkan, serta pembuatan banner. Selain itu, juga berkoordinasi dengan tenaga kesehatan di jejaring (polindes, ponkesdes dan poskestren) serta membuat jadwal pelaksanaan di semua posyandu dengan menyesuaikannya dengan jadwal PIN dari tanggal 8-15 Maret 2016.

“Kami juga melakukan sosialisasi kepada semua kader kesehatan, sehingga mereka bisa membantu kegiatan PIN ini,” terangnya, Rabu (9/3/2016).

Ia menjelaskan, kegiatan pemberian vaksin dilaksanakan setiap hari dan telah terjadwal di 10 desa di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Lenteng dan disesuaikan dengan jumlah pos di setiap desa.

“Hasil pelaksanaan wajib dilaporkan sebelum pukul 13.00 wib ke koordinator PIN di Dinas Kesehatan kabupaten,” ujarnya.

Jumlah tenaga medis yang diterjunkan terdiri dari 12 bidan desa, 7 orang perawat Ponkesdes, 5 orang perawat Ponkestren, bidan sukwan dan kader posyandu balita sebanyak 158 orang.(Rahman/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.